Advertorial

Tiga Pos Lintas Batas Negara di Kalimantan Barat Selesai Dibangun

Kompas.com - 20/12/2016, 14:27 WIB

Akhir tahun ini, tiga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kalimantan Barat telah selesai dibangun. Satu pos yang berbatasan dengan Entikong pengerjaannya sudah rampung 100 persen. Sementara, dua pos lainnya yang berbatasan dengan Aruk dan Nangabadau masih dalam penyelesaian lansekap dan interior.

PLBN dengan Entikong berlokasi di Kabupaten Sanggau. Pembangunan zona inti sudah dimulai pada tahun 2015. Zona inti meliputi bangunan utama, bangunan pemeriksa kedatangan, carwash atau disinfektan, jembatan timbang, pemindai truk, pemeriksa keberangkatan, gudang sita, check point, bangunan utilitas, kennel, klinik, dan monumen.

Sesuai kontrak, pembangunan tersebut menghabiskan biaya senilai Rp 152,4 miliar. Sebesar Rp 64,4 miliar dihabiskan di tahun 2015 dan Rp 88 miliar dipakai untuk pembangunan di tahun 2016.

Sama dengan PLBN Entikong, PLBN di Aruk, Kabupaten Sambas dan Nangabandau, Kapuas Hulu juga dimulai tahun 2015. Biaya yang terpakai untuk pembangunan PLBN Aruk sesuai kontrak tahun jamak adalah Rp 131,1 miliar. Sementara untuk PLBN Nangabadau berdasarkan kontrak tahun jamak biayanya adalah Rp 153,8 miliar.

“Kalau berdasarkan kontrak, sebenarnya semua harus selesai di akhir tahun ini. Nah, yang belum selesai ini saya pastikan akan rampung sesuai kontrak,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Basuki juga mengatakan bahwa pembangunan PLBN merupakan salah satu proyek yang penting. Disamping menjadi pintu keluar masuknya negara, PLBN juga sekaligus merupakan bagian negara terluar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com