Advertorial

Pastikan Tagihan dan Meteran Air Anda Sesuai Tiap Bulannya!

Kompas.com - 10/01/2017, 16:16 WIB

Jika suatu saat Anda menemukan tagihan air yang berbeda setiap bulannya, tentu Anda akan berpikir ada kenaikan harga dasarnya. Namun, beberapa dari Anda juga berpikir mungkin jumlah pemakaian air pada bulan tersebut sedang banyak-banyaknya.

Daripada Anda bertanya-tanya, lebih baik memastikan sendiri seberapa banyak pemakaian air di rumah dengan melihat meter air yang ada di rumah. Namun, tidak semua orang bisa membaca meter air tersebut.

Oleh sebab itu, PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja), pada tahun 2015, berinovasi meluncurkan sebuah aplikasi untuk pembacaan meter pelanggan secara online menggunakan ponsel bebabasis Android. Jika sebelumnya, pembacaan meter air menggunakan mesin portable data terminal (PDT), dengan adanya aplikasi tersebut para petugas bisa membaca melalui aplikasi tersebut.

Petugas yang datang ke rumah-rumah pelanggan tersebut, dibekali dengan mesin pencetak bill. Jadi, setelah membaca meter air melalui ponsel Android, mereka langsung bisa mencetak bill yang bisa segera diberikan langsung kepada pemilik rumah. Tujuannya adalah untuk mempermudah dan memangkas waktu pengolahan data tagihan.

-

Seiring dengan tujuan meningkatkan kualitas pembacaan meter air dan mengurangi anomaly no acces atau meter reader tidak bisa mendapatkan akses, sehingga tidak mendapatkan real index, kini para pelanggan dapat melaporkan melalui WhatsApp.

Dimulai pada bulan Oktober 2015, para pelanggan Palyja dapat melaporkan index via aplikasi chatting ini. Sebelumnya, pada bulan September 2015, informasi nomor WhatsApp disebarkan melalui leaflet oleh pencatat meter untuk rumah pelanggan yang tidak bisa diakses.

-

Jadi, jika pada saat petugas ingin melakukan pembacaan meteran air, rumah pelanggan kosong, nantinya para pelanggan itu sendiri yang akan memfoto meteran air dan mengirimkannya ke nomor WhatsApp tersebut. Dengan begitu, Palyja sendiri bisa meningkatkan kualitas pembacaan meter dan mengurangi jumlah anomaly no access.

Adanya pelaporan tersebut melalui WhatsApp, Anda dapat memastikan tagihan sesuai dengan meteran air yang digunakan selama satu bulan. (Adv) 

Baca tentang
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.