Advertorial

Penguatan Pipa Palyja di TB Simatupang Rampung dan Siap Dioperasikan

Kompas.com - 13/01/2017, 19:20 WIB

Operator penyediaan dan pelayanan air bersih PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) mengantisipasi lonjakan permintaan warga Jakarta Selatan dengan mengerjakan Proyek Fatmawati. Adapun proyek tersebut terdiri dari reinforcement (penguatan) jaringan pipa distribusi air bersih di sekitar Jalan TB. Simatupang serta pembangunan Booster Pump Fatmawati.

Plt Kepala Divisi Konstruksi Palyja Tito Wirananto mengatakan saat ini pembangunan Booster Pump Fatmawati sedang dalam proses finalisasi, sementara pemasangan pipa telah selesai pada bulan Agustus 2016 lalu. Rencananya, Desember ini Palyja akan menyambung jaringan pipa dengan Booster Pump tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebutuhan air bersih di Jakarta Selatan, khususnya kawasan Cilandak, Fatmawati, dan sekitarnya semakin meningkat karena adanya pertambahan penduduk, tempat tinggal, dan jumlah gedung di kawasan tersebut.

Oleh sebab itu, selama tahun 2016 ini, Palyja terus memperkuat kapasitas pipa distribusi di kawasan Jalan TB Simatupang dengan memasang pipa berdiameter 600 mm sepanjang 1,2 km. Pipa itu terpasang mulai dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cilandak sampai perempatan Rumah Sakit Fatmawati.

“Pipa itu gunanya untuk memperkuat kapasitas pipa yang sudah ada. Pipa yang sudah ada di situ berdiameter 400 mm, lalu diperbesar kapasitasnya dengan yang berdiameter 600 mm,” tutur Tito di Jakarta, Jumat (9/12/2016).

Penambahan suplai air ke kawasan tersebut didukung dengan pembangunan Booster Pump Fatmawati. Gunanya, untuk memompakan air dengan tekanan lebih besar, sehingga jangkauan distribusi air lebih luas.

“Kapasitas Booster Pump itu 60 liter per detik. Bangunan Booster-nya sudah 90 persen selesai,” kata Tito.

Tito menuturkan pembangunan Booster Pump itu ditujukan untuk memperkuat pasokan air dari IPA Cilandak. Sebab, posisi IPA Cilandak lebih rendah 7 meter dengan Jalan Fatmawati.

“Sehingga diperlukan Booster Pump itu. Karena, nanti kalau pelanggannya semakin banyak, IPA Cilandak takutnya tidak kuat memasok air ke sana. Makanya diperkuat dengan Booster Pump ini,” ujar Tito.

Dengan adanya pipa dan Booster Pump tersebut, Palyja dapat menambah suplai air dari IPA Cilandak ke daerah Fatmawati dan sekitarnya. “Pipa tersebut juga akan mendistribusikan air ke wilayah Lebak Bulus sampai Pondok Labu,” ujar Tito. (Adv)

Baca tentang
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.