Gaya Traveling yang “Gila” Ini Bikin Perjalanan Lebih Bermakna - Kompas.com
Advertorial

Gaya Traveling yang “Gila” Ini Bikin Perjalanan Lebih Bermakna

Kompas.com - 02/03/2017, 11:31 WIB
Ilustrasi: Shutterstock

Setiap orang memiliki gaya traveling masing-masing. Namun, terkadang seorang traveler atau wisatawan perlu mengubah gaya traveling-nya agar perjalanan tak terasa membosankan.

Sekali-dua kali, tak ada salahnya mencoba gaya traveling yang berbeda dan “gila”. Harapannya, itu akan memberi pengalaman berharga yang membuat perjalanan jadi lebih bermakna.

Kebetulan, ini masih awal 2017. Masih ada waktu untuk mencoba gaya traveling yang beda dan seru ke destinasi yang akan Anda kunjungi sepanjang tahun ini. Berikut referensinya:

1. Tinggal setahun “gratis” di luar negeri dengan program Au Pair

Au Pair adalah program pertukaran kultur, di mana sang au pair yang merupakan warga negara tertentu tinggal selama setahun di negara lainnya.

Di negara tersebut sang au pair bisa belajar bahasa dan kebudayaan negara yang ia tempati. Di sana, sang au pair tinggal bersama host family, jadi ia juga membantu pekerjaan rumah host family-nya, misalnya mengurus anak.

Jam kerjanya hanya 5-6 jam sehari. Sisa waktu yang ada dapat dipergunakan dengan bebas, baik untuk belajar bahasa maupun jalan-jalan. Biaya makan dan transportasi dari negara asal ke negara tujuan ditanggung oleh host family. Bahkan, sang au pair juga mendapat uang saku bulanan untuk menunjang hidup selama di sana.

Bisa dibilang, ini adalah cara cerdik untuk tinggal dan traveling di luar negeri dengan puas dan ”gratis”. Namun tentu saja sebelum berangkat Anda perlu punya modal persiapan yang cukup, seperti kemampuan berbahasa Inggris, kesiapan mental, CV yang baik, dan visa.

2. Menjadi volunteer sambil jalan-jalan

Traveling yang bermanfaat bisa didapat dengan cara mengikuti voluntourism. Ini merupakan gaya traveling yang mengombinasikan volunteering (sukarelawan) dan tourism (wisata).

Pada praktiknya, seseorang melakukan kerja sukarela sambil berwisata di suatu tempat. Pekerjaan sukarela itu bisa berbentuk bantuan untuk masyarakat setempat, misalnya membantu mengelola industri kerajinan tangan di sana.

3. Mencoba berkunjung ke negara yang jarang berbahasa Inggris

Ada negara tertentu yang mayoritas penduduknya tidak bisa berbahasa Inggris. Mungkin ini akan menyulitkan Anda dalam berkomunikasi selama di sana, sebab Anda pun tak menguasai bahasa ibu negara tersebut.

Jika ingin tantangan baru, tak ada salahnya kunjungi negara tersebut. Selama di sana, Anda akan tahu bagaimana siasat menghadapi kendala dalam berkomunikasi. Atau bisa jadi Anda bakal mendapat pengetahuan bahasa baru. Menarik, bukan?

Tiga gaya traveling di atas rasanya menarik sekaligus menantang untuk dicoba. Tetapi perlu diingat, apa pun gaya traveling-nya, ke mana pun destinasi tujuannya, wisatawan tidak pernah tahu risiko apa yang akan dihadapinya selama masa berlibur di suatu negara.

Misalnya saja, Anda terkena penyakit diare selama melancong di luar negeri. Mungkin saja penyebabnya karena meminum air keran langsung yang ternyata masih terkontaminasi bakteri Escherichia coli. Akibatnya, Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk biaya berobat di negara tersebut.

Itu sebabnya asuransi perjalanan adalah hal yang penting, khususnya untuk perjalanan ke mancanegara. Bahkan, negara-negara di Eropa dan Amerika mewajibkan wisatawan mempunyai asuransi perjalanan.

Produk asuransi tersebut menanggung berbagai risiko selama masa perjalanan, meliputi sakit, kehilangan bagasi, keterlambatan penerbangan, sampai perlindungan terhadap rumah yang ditinggal selama liburan.

Saat ini, memilih asuransi perjalanan terasa semakin mudah dan praktis melalui Futuready.com. Futuready Insurance Broker merupakan broker asuransi retail online yang memungkinkan Nasabah untuk melakukan riset atau perbandingan, pembelian, dan klaim asuransi secara online.

Bagai supermarket, Futuready Insurance Broker memungkinkan Nasabah membandingkan, mempertimbangkan, dan memilih sendiri asuransi perjalanannya secara praktis. Tak perlu lagi pusing karena dikejar-kejar penawaran telemarketing, sebab Nasabah bisa membandingkan dan memilih sendiri produk asuransi yang paling tepat untuk kebutuhannya.

Tidak hanya menampilkan pilihan asuransi perjalanan, Futuready Insurance Broker pun menghadirkan pilihan dari berbagai jenis asuransi lainnya, antara lain asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, dan asuransi mobil. Pilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda secara cerdas, modern, dan praktisdi Futuready Insurance Broker. (Adv)