Advertorial

Dua Hal Sederhana Ini Bisa Menjaga Kesehatan Keluarga Anda

Kompas.com - 24/03/2017, 18:39 WIB
- -

Menjaga seluruh keluarga agar selalu sehat sebetulnya persoalan yang gampang-gampang susah. Biasanya dimulai dengan membiasakan semuanya untuk selalu menjaga kebersihan, rutin berolahraga, dan tentu saja istirahat yang cukup.

Namun dari itu semua, yang tidak kalah penting adalah menjaga asupan gizi dan pola makan. Karena dua hal ini besar pengaruhnya terhadap daya tahan tubuh.

Sayangnya pada kebanyakan keluarga modern, semua anggota keluarga memiliki rutinitasnya masing-masing dan menghabiskan waktu sampai sore menjelang malam di luar rumah. Makan pun dari sarapan hingga makan siang jadi bergantung kepada para penjual makanan. Padahal makanan di luar sana, mulai dari kadar gizi sampai kebersihannya, patut diwaspadai.

Lalu bagaimana cara kita agar menjaga asupan gizi satu keluarga? Sebetulnya yang perlu dilakukan adalah rutin melakukan dua hal ini:

Mulai dari sarapan bersama

Karena padatnya aktivitas pagi, biasanya sarapan menjadi bagian yang paling sering dilewatkan. Padahal, hal yang terlihat sepele ini adalah waktu makan yang paling penting dalam satu hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain penting untuk memberi suplai energi bagi tubuh untuk memulai aktivitas, sarapan juga ampuh untuk membatu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, sindrom metabolisme, dan tekanan darah tinggi.

Melewatkan sarapan pun bisa berakibat pada rendahnya tingkat kalsium, potasium, magnesium, fosfor dan zinc, vitamin A, E, B6, C, serta folat dalam tubuh.

Studi di Harvard University, Amerika Serikat juga menunjukkan bahwa sarapan pagi teratur mampu mencegah kegemukan. Seseorang yang sarapan akan cenderung 50 persen tidak mengalami kegemukan daripada mereka yang melewatkan sarapan.

Selain untuk menjaga kesehatan, sarapan bersama keluarga juga bisa memperkuat hubungan dan komunikasi dalam keluarga.

Siapkan bekal untuk makan siang

Makan siang adalah kegiatan yang paling jarang dilakukan di rumah, karena semua anggota keluarga biasanya sedang melakukan aktivitasnya di luar rumah. Tidak jarang juga karena padatnya aktivitas mereka, selain waktu makan yang jadi terlambat jenis makanan yang dipilih pun kadang tidak memperhatikan kandungan gizi dan kebersihannya.

Padahal cukup dengan membekali anggota keluarga dengan bekal makanan, kualitas makanan bisa lebih terjaga. Waktu makan pun bisa lebih teratur karena bekal tersebut dapat disantap kapan saja.

Permasalahan untuk selalu dapat menyiapkan sarapan dan bekal biasanya kembali lagi kepada kesibukan dan ketiadaannya waktu. Padahal asal pandai menyiasatinya, menyiapkan sarapan dan bekal untuk keluarga di tengah kesibukan bukanlah hal sulit. Berikut ada tips #BekalSehatKita dari #PhilipsHealthyTips untuk Anda.

Luangkan sedikit waktu di akhir pekan dan malam hari

Untuk dapat selalu menyiapkan sarapan dan bekal, yang sebetulnya yang Anda butuhkan hanyalah meluangkan sedikit waktu di akhir pekan dan malam hari.

Waktu di akhir pekan digunakan untuk menyiapkan bahan makanan untuk seminggu ke depan. Anda bisa mendiskusikan dengan keluarga menu makanan apa saja yang diinginkan seminggu ke depan, dan menyiapkannya untuk kebutuhan sepanjang Minggu. Kemudian bahan-bahan tersebut seperti ayam dan sayur-sayuran dapat langsung Anda potong-potong dan lalu mengemasnya sebelum disimpan di kulkas.

Namun hati-hati, tidak semua bahan makanan bisa ditaruh pada lemari pendingin. Tomat, misalnya, akan lebih cepat busuk bila bersentuhan dengan suhu dingin. Sayuran juga akan lebih terjaga kesegarannya bila Anda letakkan di kulkas dalam wadah kedap udara.

Kemudian sedikit waktu di malam hari dapat Anda gunakan untuk memasak nasi. Apabila Anda menggunakan penanak nasi keluaran terbaru dari Philips, yaitu Rice Cooker Philips tipe HD3128, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas hasil nasinya. Kualitas nasi tetap segar, pulen, dan hangat walaupun telah dimasak dari malam hari.

Berkat sistem pemanas 3D dari penanak nasi Philips ini membuat setiap butir beras akan dimasak sempurna untuk dinikmati oleh Anda dan keluarga Anda hingga 48 jam. Panci dengan 5 lapis ProCeramic ini juga tiga kali lebih kuat dibandingkan pelapis panci biasa, sehingga panci Anda akan tahan lama.

Nah, bahan yang sudah disiapkan rapi sebelumnya dan nasi yang telah dimasak akan mempersingkat proses memasak Anda setiap pagi untuk menyiapkan sarapan dan bekal untuk keluarga.

Selain itu, pilihlah menu sarapan ringkas untuk keluarga, misalnya bento sehat yang sayurnya bisa dikreasikan animasi agar lebih menarik bagi anak. Dalam membuat bekal, usahakan terdiri dari nasi, sayur, lauk pauk  dan buah sebagai cemilan sehat.

Selamat mencoba!

Kunjungi www.philips.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk-produk peralatan rumah tangga Philips yang dapat memudahkan Anda untuk menyiapkan santapan keluarga. Dapatkan juga lima tempat makan multifungsi gratis dengan membeli Rice Cooker Philips berstiker khusus (syarat dan ketentuan berlaku).