Advertorial

Ekonomi Indonesia Bakal Jadi yang Terbesar di Dunia

Kompas.com - 05/04/2017, 14:56 WIB

Pemerintah optimistis bahwa Indonesia akan menjadi negara keempat di dunia yang memiliki tingkat perekonomian terkuat. Ambisi tersebut akan diwujudkan Indonesia pada 2045. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan dalam 28 tahun ke depan, jumlah penduduk Indonesia akan mencapai 309 juta jiwa. Dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil di kisaran 5-6 persen per tahun, pendapatan penduduk akan meningkat menjadi 29 ribu dollar Amerika Serikat (AS) per kapita. Sehingga, pada 2045, Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) Indonesia bisa mencapai 9,1 triliun dollar AS.

“Di tahun 2045 Indonesia akan menjadi ekonomi terkuat keempat di dunia,” katanya saat membuka acara Rapat Kerja Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Jakarta.

Namun, untuk merealisasikan target tersebut, ada tiga hal yang harus dilakukan oleh pemerintah. Pada 10 tahun pertama, pemerintah fokus membangun infrastruktur. Karena tanpa infrastruktur yang bagus, Indonesia akan sulit bersaing.

Menurut Presiden Jokowi, pada 10 tahun berikutnya pemerintah akan membenahi industri pengolahan.  Presiden Jokowi mengingatkan para pengusaha agar meninggalkan penjualan barang mentah dan mulai berfokus kepada barang jadi yang memiliki nilai tambah.

"Lalu 10 tahun ketiga langsung masuk ke dalam bidang jasa," lanjut Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mencontohkan salah satu industri jasa yang memiliki potensi besar adalah pariwisata. Hal ini dinilainya cocok, mengingat pemerintah telah menetapkan 10 daerah sebagai destinasi wisata baru.

"Siapa saja pemimpinnya, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci Indonesia di 2045," paparnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com