Advertorial

Peran Penting Dokumentasi Bagi Bisnis Menurut BCA

Kompas.com - 10/04/2017, 11:41 WIB
- -

Dokumentasi memiliki peranan penting dalam mendukung jalannya bisnis di sebuah perusahaan.  Melalui data yang dihimpun dari proses dokumentasi perusahaan dapat melakukan analisis mengenai kondisi pasar maupun kondisi perusahaan. Hasil analisis dapat digunakan sebagai acuan dalam mengambil keputusan strategis.

Menyadari pentingnya dokumentasi untuk perusahaan, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meresmikan Galeri BCA, sebuah bangunan serupa museum yang berisi dokumentasi perjalanan BCA sejak 1957 hingga kini.

“Hasil dokumentasi ini bisa menjadi bahan evaluasi yang nantinya berguna untuk mencari tahu langkah strategis seperti apa yang bisa diambil perusahaan ke depannya,” ujar Lena Setiawati, Kepala Divisi Pembelajaran dan Pengembangan BCA.

Galeri BCA memuat benda-benda bersejarah yang digunakan BCA sejak awal berdiri hingga kini beserta dengan cerita yang disimpan benda-benda tersebut. Oleh karena itu, Lena melanjutkan, Galeri BCA tidak hanya akan memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan melainkan juga dapat menjadi bahan ajar untuk mengenalkan perusahaan kepada karyawan.

“Selain itu, juga bisa menjadi catatan atau kenangan bagi karyawan yang sudah pensiun. Jadi, melalui dokumentasi ini, bisa diketahui pencapaian apa saja yang sudah pernah diraih perusahaan,” kata Lena.

Galeri BCA diharapkan juga bias menjadi inspirasi bagi semua orang untuk menghargai pentingnya dokumentasi dan sejarah. Selain itu menambah pengetahuan mengenai perjalanan panjang bisnis perbankan di Indonesia.

(Adv)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.