Advertorial

Simulasi SBMPTN Serentak di 44 Kota di Indonesia, Kolaborasi LOOP Tekomsel dan Gramedia

Kompas.com - 13/04/2017, 10:48 WIB
- -

Apa jadinya jika suatu acara serentak dilakukan secara bersamaan tetapi beda kota? Mungkin itu hal biasa. Namun jika itu adalah Simulasi Tryout SBMPTN? Mungkin lain cerita.

Sebab, simulasi itu bukan hanya serempak hari dan tanggalnya, tetapi juga pada jam yang sama!

LOOP, salah satu produk unggulan dari  Telkomsel bekerja sama dengan Gramedia melaksanakan Simulasi SBMPTN di 44 kota di Indonesia. Simulasi tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 22 April 2017 yang akan dimulai secara bersamaan pada pukul 07.00 WIB, 08.00 WITA, dan 09.00 WIT.

LOOP dan Gramedia pun melakukan live streaming dari 44 kota tempat simulasi SBMPTN berlangsung. Live streaming tersebut menayangkan acara simulasi SBMPTN secara bersamaan.

Meskipun target peserta dari Simulasi SBMPTN LOOP x Gramedia ini adalah pelajar kelas XII SMA/SMK, bukan berarti mereka yang duduk di kelas XI atau yang sudah lulus tidak bisa ikut serta. Peserta tidak dibatasi oleh umur.

Mereka yang duduk di kelas XI SMA/SMK jika ingin menjajal kemampuan mereka mengerjakan soal SBMPTN juga diperkenankan untuk mendaftar. Bahkan, mereka yang sudah lulus dan ingin mempersiapkan diri untuk ikut SBMPTN tahun ini juga dapat mendaftar dan melakukan Simulasi SBMPTN.

Simulasi SBMPTN ini bertujuan mendukung pelajar SMA/SMK dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi SBMPTN sesungguhnya. Mengapa penting? Sebab SBMPTN masih menjadi momok yang cukup menyeramkan untuk sebagian pelajar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini juga yang menjadi alasan kenapa LOOP dan Gramedia melakukan kerja sama, yakni untuk menjangkau banyak lokasi di seluruh Indonesia. Harapannya, semakin banyak juga pelajar yang dapat mempersiapkan diri mereka melalui simulasi SBMPTN ini.

Untuk mengikuti LOOP x Gramedia Simulasi SBMPTN, calon peserta dapat mendaftar di gerai-gerai Gramedia yang sudah ditunjuk. Calon peserta juga dapat mengunjungi website LOOP di loop.co.id dan melakukan pendaftaran online.

Setelah melakukan pembayaran melalui gerai Gramedia yang sudah ditunjuk peserta akan mendapatkan email/SMS notifikasi tentang pelaksanaan Simulasi SBMPTN dan QR code berisi data peserta yang akan di-scan pada saat registrasi ulang. Info lengkapnya bisa dilihat di tautan ini.

LOOP adalah salah satu produk pra bayar Telkomsel yang ditargetkan untuk segmen anak muda. Dengan tagline ‘Ini KITA’, LOOP secara konsisten mendukung kreativitas anak muda Indonesia melalui pemanfaatan teknologi secara positif dan produktif.

Cukup banyak perbedaan yang dirasakan untuk UN tahun ini dibanding UN tahun sebelumnya. Dari namanya saja sudah berbeda, kini tak ada lagi UN atau Ujian Nasional, berganti menjadi UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Pengurangan jumlah mata pelajaran menjadi perbedaan selanjutnya, yang awalnya ada 6 mata pelajaran yang diujikan, kini hanya tersisa 4 mata pelajaran saja yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. Selebihnya, akan ada satu mata pelajaran ciri khas sesuai dengan jurusan.

Dari sisi soal, yang didapat oleh setiap siswa akan berbeda-beda. Soal buat kamu akan berbeda sama teman sekelas kamu. Jadi, peluang untuk bocor dan nyontek pun semakin kecil. Meski begitu, hasil dari UNBK akan tetap menjadi syarat utama mengikuti SBMPTN nantinya.