Advertorial

Berapa Kisaran Gaji Para Bos di Perusahaan Ternama Tanah Air?

Kompas.com - 13/04/2017, 14:08 WIB

Ada banyak hal yang mempengaruhi perjalanan karier seseorang. Namun, umumnya perusahaan mengandalkan KPI (Key Performance Index) untuk melakukan penilaian pada karyawannya. Dari hasil penilaian inilah naik atau tidaknya gaji karyawan ditentukan.

Selain itu, baik buruknya kinerja perusahaan juga menjadi faktor yang akan memengaruhi kenaikan gaji di perusahaan tersebut. Baru-baru ini, Kontan merilis daftar perusahaan publik alias perusahaan besar yang ada di Indonesia lengkap dengan kenaikan gajinya.

Dalam daftar tersebut, Anda bisa melihat seberapa besar anggaran yang disiapkan perusahaan untuk menggaji para direktur dan komisarisnya. Tahun lalu, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk ternyata menjadi perusahaan yang mengalami peningkatan kompensasi tertinggi untuk para petingginya.

Kenaikan 154 persen membuat kompensasi yang awalnya sebesar Rp 168 miliar di tahun menjadi Rp 427 miliar di 2016. Menurut VP Komunikasi Perusahaan Telkom Arief Prabowo, kompensasi tersebut mencakup gaji, bonus kinerja, tunjangan lain dan imbalan pasca kerja selama satu tahun.

Perusahaan lain yang juga mengalami peningkatan yang cukup besar adalah PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) yang mencapai 103,52 persen dari tahun sebelumnya. Jadi, bila pada 2015 total kompensasi untuk petinggi WIKA adalah Rp11,989 miliar, kini kompensasi itu naik menjadi Rp24,4 miliar.

Kemudian ada PT Waskita Karya Tbk (WSKT) yang pada 2015 memiliki anggaran kompensasi mencapai Rp34,248 miliar. Kini, di 2016 angka tersebut naik 64,28 persen menjadi Rp56,261 miliar.

Nah, jika Anda punya target menduduki kursi direksi di masa depan, banyak-banyaklah belajar dan memperbaiki diri serta terus tingkatkan kinerja.

(Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com