kabar mpr

Jelang Pilkada DKI, Ketua MPR Imbau Masyarakat untuk Hentikan Perseteruan

Kompas.com - 15/04/2017, 08:45 WIB

PARIAMAN, KOMPAS.COM - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Zulkifli Hasan mengimbau seluruh masyarakat DKI Jakarta untuk menghentikan perseteruan sengit antar dua kubu pendukung pasangan Basuki-Djarot dan Anies-Sandi. Hal itu ditujukan agar Ibu Kota kembali menjadi kondusif.

"Selama ini kampanye yang menghabiskan energi mari kita akhiri. Mari berangkulan kembali. Kita ini saudara, utamakan persatuan kembali," ujar Zulkifli usai menyampaikan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin, Pariaman, Sumatera Barat, Kamis (13/4/2017) siang.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga meminta masyarakat untuk menghentikan penyebaran ujaran kebencian satu sama lain, khususnya di media sosial.

"Saya katakan pilkada jangan mempertaruhkan semuanya, jangan menyebarkan kebencian. Jangan melampaui batas, pilihan boleh berbeda. Tapi persatuan utama," ujarnya dengan tegas.

Zulkifli juga berpesan kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menjaga independensinya agar mampu menyelenggarakan pemilu yang jujur, adil, dan transparan.

"Begitupun juga kepada aparat Polri dan TNI nanti diharapkan bisa mengawal jalannya pilkada DKI agar berlangsung aman dan tertib," kata Zulkifli. (DAR)

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com