Advertorial

Setelah Generasi Y, Kini Generasi Z Terbukti Paling Tidak Setia di Kantor

Kompas.com - 17/04/2017, 08:55 WIB
- -

Dunia kerja kini umumnya ditemui tiga generasi yang berbeda, yaitu generasi X, Y, dan Z. Ketiga generasi ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah faktor umur yang menentukan tujuan dari mereka bekerja. Dari ketiga generasi tersebut, Generasi Z menjadi yang tidak setia.

Generasi Y yang berusia antara 21-35 tahun, mulai mendominasi angkatan kerja seiring masa produktifnya. Generasi ini haus tantangan baru, mudah penasaran, dinamis, dan bekerja untuk mengoptimalkan potensi diri.

Sedangkan Generasi X yang berusia dia atas 35 tahun, bekerja untuk untuk meraih kemapanan dan kemandirian ekonomi dan karier. Dan yang terakhir, Generasi Z yang berusia kurang dari 20 tahun mulai memasuki dunia kerja.

-

Menurut hasil riset Jobplanet, karyawan Generasi Z punya tingkat kesetiaan paling rendah. Sebanyak 57,3 persen dari total responden generasi Z berpindah kerja setelah satu tahun bekerja di suatu tempat.

“Kebanyakan Gen Z adalah lulusan SMU dan SMK atau bekerja sambil kuliah. Karena kebanyakan masih berada di usia sekolah dan berprofesi sebagai pekerja kerah biru, mereka tak segan sering berganti pekerjaan, bahkan lebih sering ketimbang Gen Y,” ungkap Chief Product Officer Jobplanet Kemas Antonius.

Artinya, cap kutu loncat pada Gen Y mulai tergeser Gen Z. (Adv)

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.