kabar mpr

Ketua MPR Apresiasi Pilkada DKI Putaran Kedua Berlangsung Kondusif

Kompas.com - 21/04/2017, 10:31 WIB
- --

LAMPUNG, KOMPAS.COM - Berlangsungnya pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta putaran kedua secara kondusif menuai respon positif dari Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Zulkifli Hasan. Ia menilai bahwa berbagai pihak mampu melaksanakan dan mengawal jalannya pemilihan dengan baik.

"Saya ucapkan selamat kepada rakyat Jakarta, ini bukan hanya kemenangan Anies-Sandi tapi juga kemenangan rakyat Jakarta dan kemenangan dalam berdemokrasi," ujarnya saat ditemui seusai melaksanakan dialog empat pilar kebangsaan di Asrama Haji Bandar Lampung, Kamis (20/4/2017) siang. 

Mantan Menteri Kehutanan itu juga menyebutkan bahwa Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) mampu melaksanakan jalannya pilkada secara transparan, adil, serta jujur. 

"Terima kasih pula saya ucapkan kepada TNI, Polri dan pemerintah telah mampu menciptakan rasa aman dan nyaman para pemilih dari ancaman intimidasi dan gangguan keamanan lainnya," jelas Zulkifli.

Berdasarkan hasil final quick count Litbang Kompas, pasangan Anies Baswedan- Sandiaga Uno unggul dengan perolehan 58 persen suara.

Sementara itu, pasangan Ahok- Djarot memperoleh 42 persen suara. Peneliti Litbang Kompas, Ratna, mengatakan bahwa hasil ini merupakan prediksi terkait hasil putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017. Untuk hasil resmi sendiri masih harus menunggu perhitungan dari KPU Provinsi DKI Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Quick count putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017 Litbang Kompas kali ini mengambil sampel di 400 TPS yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta dengan 227.954 pemilih. Metode penentuan TPS dengan menggunakan teknik penarikan sampel secara acak sistematis berdasarkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di DKI Jakarta.

Dengan tingkat kepercayaan 99 persen dari total maksimal pemilih adalah 7.218.280, maka simpangan kesalahan diperkirakan akan kurang dari satu persen. (DAR)

Baca tentang