Advertorial

Mengelola Data Penting Perusahaan dengan Mainframe Rakitan

Kompas.com - 27/04/2017, 17:28 WIB
- -

Bagi sebuah perusahaan, infrastruktur teknologi informasi (TI) yang andal amat penting. Keandalan infrastruktur TI itu mampu membuat perusahaan mendapat kepercayaan dari pelanggan.

Di perusahaan perbankan misalnya, mainframe punya peran penting untuk menjaga data keuangan para nasabah. Mainframe sendiri merupakan kelas tertinggi komputer yang terdiri dari beberapa komputer atau pusat penyimpanan data (server) yang mampu melakukan banyak tugas komputasi rumit dalam waktu singkat.

Wakil Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Armand W. Hartono bercerita mengenai inovasi terkait TI khususnya penggunaan mainframe. Inovasi tersebut diawali dari kesulitan yang dirasakan BCA pada tahun 1992.

Armand ingat, pada saat itu BCA punya masalah dalam pengelolaan data keuangan. Oleh karena itu, lanjutnya, BCA melakukan trial and error untuk menciptakan mainframe yang mampu memenuhi kebutuhan BCA saat itu.

“Beberapa server kami satukan dalam satu ‘kotak besi’ kemudian kami uji. Ternyata hasil pengujiannya melebihi harapan untuk penggunaan di satu cabang saja dan proses bisa berjalan dengan cepat,” tutur Armand kepada Smart-money.co.

Kemudian, pengujian dilakukan antarcabang dan hasilnya tetap memuaskan. Ternyata mainframe rakitan tersebut cukup kuat menangani semua kegiatan pencatatan serta pembukuan di BCA.

Dampak dari inovasi tersebut, karyawan tak perlu lembur atau baru bisa pulang setelah semua proses pembukuan selesai. Sebab, semuanya dilakukan secara otomatis.

Dikutip dari Smart-money.co, BankTech melaporkan, pakar mainframe dari Rocket Software Bryan Smith menyatakan kecepatan menjadi salah satu alasan bank masih menggunakan mainframe hingga saat ini.

Mainframe mampu menangani semua transaksi di industri keuangan seperti operasional ATM, penggunaan kartu kredit hingga manajemen modal investasi dengan respons instan,” katanya seperti dilaporkan BankTech.

Alasan mengapa bank tetap menggunakan mainframe bukan hanya karena kecepatan, tetapi juga karena  kapasitas yang besar dan dapat diandalkan, mampu mengirimkan data secara akurat, serta memiliki jaringan keamanan yang andal.

Sumber: Smart-money.co