Advertorial

“Eat The Rainbow” Jauhkanmu Dari Kanker

Kompas.com - 03/05/2017, 11:12 WIB

Pola makan yang baik terdiri dari sayur dan buah-buahan, serta mengurangi konsumsi daging, pola makan seperti ini efektif mencegah berbagai jenis kanker. Namun hanya sedikit orang yang mengerti sayur dan buah manakah yang bermanfaat untuk mencegah kanker, para Ahli Onkologi dari St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou (http://asiancancer.com/indonesian/) menyatakan, sayur dan buah berwarna merah, kuning, hijau, biru dan putih dapat mencegah kanker dengan lebih baik.

Merah

Termasuk bayam merah, tomat, paprika merah, wortel, apel, delima merah, semangka, stroberi, plum merah, ceri merah, cabe merah, cranberry dan akar ubi. Berbagai sayur dan buah-buahan ini mengandung banyak zat lycopene, quercetin dan antosianin, yang dapat menurunkan risiko kanker, memperkuat pembuluh darah dan jaringan mukosa, serta menghindari infeksi saluran kemih.

Kuning

Termasuk labu, jagung, ubi jalar, jahe, lobak kuning, kacang kedelai, pepaya, jeruk, nanas, jeruk bali, peach, mangga, kesemek dan sebagainya. Sayur dan buah tersebut mengandung karoten, zeaxanthin, dan flavonoid, dapat memperkuat pembuluh darah, menjaga kesehatan mata dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Hijau

Termasuk brokoli, asparagus, bayam, shepherd's purse, daun bawang, seledri, daun bawang, daun ubi jalar, kacang hijau, paprika hijau, kiwi, jambu biji dan sebagainya. Makanan-makanan ini mengandung karoten yang dapat menurunkan risiko kanker, serta memperkuat tulang dan gigi.

Ungu/Biru

Termasuk rumput laut, jamur hitam, kubis ungu, jamur, kacang hitam, wijen, terong, anggur ungu, blueberry, kurma dan sebagainya. Sayur dan buah berwarna ungu atau biru ini dapat menjaga kemampuan daya ingat, memperlambat penuaan, memperkuat sistem urin, serta menurunkan risiko kanker.

Putih

Termasuk bawang putih, sawi putih, kembang kol, kubis, lobak, bawang bombay, jamur, bengkoang, lily, almond, pisang, jeruk bali, pir dan sebagainya. Buah dan sayuran ini mengandung allicin, polifenol, anthocyanin, selenium, dan phytoestrogen, dapat memperkuat pembuluh darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan metabolisme tubuh, serta menurunkan risiko kanker.

Baik sakit maupun sehat, kita sebaiknya mengkonsumsi berbagai macam sayur dan buah-buahan, sehingga dapat melengkapi nilai dan manfaat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com