Advertorial

Bagaimana Menjaga Kesehatan Pasien Kanker Ginjal?

Kompas.com - 03/05/2017, 11:26 WIB

Pemulihan kanker ginjal membutuhkan waktu yang cukup lama. Secara ilmiah, pasien kanker ginjal yang bisa menjaga kesehatan tubuhnya dapat meningkatkan efektifitas pengobatan hingga 1.5 kali lipat. Berikut beberapa tips yang diberikan oleh Ahli Onkologi St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

1.       Berpartisipasi Dalam Kegiatan Olahraga

Olahraga dapat mengurangi kekambuhan dan metastasis kanker, serta dapat meningkatkan kelangsungan hidup 5 tahun ke depan.

2.       Perhatikan Asupan Vitamin A, B, C Dan E

Banyak mengkonsumsimakanan yang mengandung vitamin, seperti sayuran dan buah-buahan, sereal buah kering dan sebagainya. Selain itu, perlu diingat, bahwa tidak baik jika tubuh kita kelebihan vitamin, jadi,para pasien kanker ginjal bisa mencukupi kebutuhan asupan vitamin melalui menu makanan sehari-hari, tidak perlu mengkonsumsi suplemen vitamin yang berlebihan.

3.       Konsumsi makanan yang agak tawar, jangan mengkonsumsi makanan yang dibakar dan berpengawet, kontrol asupan garam dan gula.

4.       Pasien kanker ginjal harus mengurangi kacang-kacangan, lemak hewani, serta minyak nabati. Jangan mengkonsumsi makanan yang sudah berjamur dan rusak.

5.       Hindari penggunaan obat-obatan nefrotoksik, seperti obat anti-inflamasi non steroid, dan jenis antibiotik tertentu.

6.       Menjaga berat badan yang ideal, hindari tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk. Salah satu faktor yang berhubungan dengan kanker ginjal adalah obesitas.

7.       Jangan minum alkohol dan merokok.

8.       Menjaga suasana hati yang baik; pasien kanker ginjal harus selalu berpikir positif, menjaga suasana hati yang baik, hindari sikap pesimis, negatif, depresi dan emosi.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com