Advertorial

Cegah Kanker Prostat Dari Hal-Hal Kecil Ini

Kompas.com - 03/05/2017, 12:10 WIB

 

Fenomena meningkatnya jumlah kasus kanker prostat telah menarik perhatian masyarakat luas, khususnya kaum pria. Untuk mencegah kanker prostat, setiap pria perlu memulainya dari hal-hal kecil, kali ini Ahli dariSt. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou secara khusus akan menjelaskannya kepada kita. 

Pertama, pola makan. Sebagian besar kasus kanker prostat berhubungan dengan pola makan sehari-hari, jika anda mengkonsumsi banyak sayur dan buah, serta selalu memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh, hal ini efektif memicu fungsi metabolisme tubuh, serta menurunkan risiko kanker prostat; namun jika asupan lemak dam makanan pedasharian Anda berlebihan, hal ini dapat menyebabkan kanker prostat.

Kedua, banyak minum air. Karena melalui keluarnya urin kita dapat membersihkan saluran kencing, oleh karena itu banyak minum air juga baik untuk menghilangkan benda asing yang ada di dalam prostat, serta menghindari infeksi. Setiap pria harus menghindari kebiasaanmenahan kencing, karena saat menahan kencing, beban yang harus ditanggung kandung kemih cenderung lebih besar, dan hal ini dapat memperlebar lapisan pembungkus prostat, ini mudah menyebabkan hiperplasia prostat. Jika kondisi ini dibiarkan dalam waktu lama, dapat menimbulkan gejala seperti aliran darah yang terhambat dan hematuria (darah dalam kencing), ini juga merupakan salah satu faktor yang mengarah pada perkembangan kanker prostat.

Terakhir, bagi pria yang merokok, harus secara aktif dan memiliki tekad untuk berhenti merokok. Merokok tidak hanya dapat merusak paru-paru, tapi juga mempengaruhi fungsi kerja prostat, hal ini karena akumulasitoksisitas dalam tubuh, penumpukanini tidak dapat dibuang seketika, inilah yangdapat meningkatkan risiko kanker prostat.

Ahli dari St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou juga menuturkan, setiap pria harus rutin melakukan pemeriksaan prostat di rumah sakit, semakin cepat terdeteksi, pengobatan pun akan semakin efektif.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com