Advertorial

Diet Pasien Kanker Serviks Pasca Operasi

Kompas.com - 03/05/2017, 12:32 WIB

Diet yang baik adalah langkah penting untuk mencegah penyakit dan mendorong pemulihan penyakit, khususnya bagi pasien kanker pasca operasi. Ahli dari St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menekankan, baik pasien kanker serviks yang menjalani konisasi serviks, histerektomi, maupun histerektomi subradikal, harus memperhatikan asupan gizi mereka pasca operasi, dan minum 2000-3000cc air setiap hari untuk mencegah konstipasi. Jika pasien pernah menjalani ooforektomi bilateral, cenderung rentan terjadi osteoporosis, disarankan banyak mengkonsumsi kalsium dan hormon.

  1. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah. Pasien kanker serviks disarankan mengkonsumasi sayuran dan buah segar, karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya dapat membantu penyembuhan luka, serta meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Pasien kanker serviks harus banyak minum air, makan minum dalam waktu dan jumlah yang tetap, tidak berlebihan.
  3. Menambah asupan protein. Mengkonsumsi makanan yang kaya protein, seperti ikan, daging, kacang-kacangan, telur dan susu. Makanan-makanan ini dapat membantu proses penyembuhan luka, dan meningkatkan kekuatan fisik.
  4. Hindari makanan berminyak. Lemak yang menumpuk dapat membuat luka menjadi lebih sulit sembuh, serta melemahnya daya tahan terhadap bakteri.
  5. Perhatikan pantangan makanan. Jangan mengkonsumsi makanan yang mudah membuat perut kembung seperti bawang bombay, kubis, kale, produk kedelai dan sebagainya. 

Anda adalah pasien kanker serviks pasca operasi dan memiliki keluhan? Konsultasikan keluhan dan hasil pemeriksaan terakhir Anda secara GRATIS di sini.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com