Advertorial

5 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Untung Investasi di ETF

Kompas.com - 03/05/2017, 17:00 WIB
- -

Pasar Modal memang selalu menjadi pilihan untuk berinvestasi. Meskipun cukup rumit bahkan susah untuk dipahami bagi orang awam, berinvestasi di Pasar Modal dapat memberikan banyak keuntungan dan manfaat.

Untuk Anda yang sedang mencari alternatif investasi, Instrumen Exchange Traded Fund (ETF) bisa menjadi pilihan yang menguntungkan. Memang, jenis reksa dana ini memiliki risiko yang cukup tinggi karena diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) seperti layaknya saham. Namun apabila Anda memperhitungkannya dengan baik, keuntungannya cukup menjanjikan.

Berikut beberapa kiat yang bisa diterapkan apabila Anda ingin berinvestasi di ETF.

1. Mulai dengan modal yang tidak terlalu besar

Sekarang banyak produk ETF yang menawarkan minimum investasi kecil. Misalnya 1 lot ETF berbasis saham hanya seharga Rp 30.000 hingga Rp 80.000. Dengan membeli 1 lot ETF itu, Anda sudah mendapatkan banyak saham yang ada di dalamnya.

Investasi dengan dana yang tak terlalu besar ini akan meminimalkan kerugian apabila Pasar Modal tengah bergejolak.

2. Beli ETF dengan aset dasar baik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda perlu melakukan analisis aset dasar ETF terlebih dahulu.  Dengan begitu Anda dapat memilih ETF berbasis obligasi dengan risiko kecil ataupun saham yang memiliki fundamental baik.

Apabila Anda yakin dengan kondisi ekonomi dan belanja pemerintah, bisa memilih ETF berisi saham-saham infrastruktur. Atau bisa juga masuk ke ETF dengan saham-saham keuangan atau konsumer apabila ingin masuk ke produk sektoral.

3. Lakukan investasi secara bertahap

Seperti halnya investasi, Anda bisa mengibaratkannya sebagai tabungan di masa depan.

4. Lakukan analisis dan review portofolio secara berkala

Analisis ini penting agar Anda dapat mengetahui pertumbuhan ETF yang dimiliki, dan tentunya Anda juga bisa menghitung berapa keuntungan yang telah diperoleh.

5. Fokus untuk jangka panjang

Investasi di ETF cocok dilakukan secara jangka panjang. Dengan demikian Anda bisa merencanakan masa depan dengan cara berinvestasi pada ETF.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.