Advertorial

Anda Menderita Sirosis Hati? Perhatikan Hal-Hal ini !

Kompas.com - 05/05/2017, 12:50 WIB

Bagi manusia, organ hati adalah organ tubuh yang sangat penting, organ yang mensintesis berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika organ hati mengalami kerusakan, maka organ tersebut tidak lagi dapat bekerja untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, banyak hal yang perlu diperhatikan oleh pasien sirosis hati, selain menjalani pengobatan yang tepat, pasien juga perlu memahami pola hidup yang sehat. Apa saja yang perlu diperhatikan? 

1.    Jauhi Alkohol

Alkohol dapat merusak organ hati, terlebih jika dikonsumsi dalam jumlah besar, alkohol dapat memberikan beban yang luar biasa besar kepada organ hati.

2.    Perawatan

Proses sintesis protein dan dekomposisi racun tidak dapat dipisahkan dari organ hati, dari sini kita bisa melihat betapa beratnya tugas sebuah organ hati. Jadi, ketika hati mengalami kerusakan, pasien disarankan untuk berisitirahat, terlebih bagi pasien pada fase dekompensasi.

3.    Nutrisi

Organ hati yang mengalami kerusakan parah memerlukan nutrisi yang seimbang. Memilih-milih makanan dalam kondisi ini dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak nutrisi. Mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi tidak hanya dapat meningkatkan kualitas tubuh, tetapi juga efektif melawan berbagai penyakit.

4.    Mengontrol Emosi

Dalam kedokteran China, dikatakan “emosi merusak hati”. Pepatah ini sangat beralasan. Pasien harus bisa mengontrol emosi, tidak boleh sering marah. Emosi yang berlebihan dapat berdampak buruk terhadap organ hati.

5.    Hindari Kedinginan

Hindari pasien dari kedinginan dan terkena flu. Selain itu, pasien juga perlu mencegah timbulnya infeksi saluran pernafasan.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com