kabar mpr

Oesman Sapta Bicara Soal Pelemahan Generasi Muda Lewat Narkoba

Kompas.com - 05/05/2017, 17:24 WIB

Bangsa Indonesia dinilai tengah mengalami krisis kebangsaan. Untuk menghadapi hal ini, Indonesia membutuhkan lebih banyak orang yang mau menjaga keutuhan NKRI.

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua MPR RI yang juga Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang mengatakan banyak negara asing yang ingin menguasai kekayaan alam Indonesia. Itu sebabnya, kata Oesman, negara-negara tersebut menghendaki Indonesia hancur.

Namun menurut Oesman, keinginan untuk menghancurkan negara tidak mudah terwujud bila bangsa Indonesia berpegang teguh pada Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat membuka Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dan Rapimnas I Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) tahun 2017 di Ruang Pertemuan Lembaga Administrasi Negara, Makassar, Jumat (5/5/2017).

Oesman menuturkan, salah satu upaya negara asing untuk menghancurkan NKRI adalah melemahkan generasi muda melalui penyalahgunaan narkoba. Namun, ia mengapresiasi  semangat para anggota KAMMI yang mampu melawan upaya pelemahan generasi muda.

Oesman menilai, anggota KAMMI terus menjaga empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara. Maka dalam kesempatan tersebut, ia mengajak KAMMI memerangi narkoba dengan cara tidak membiarkan peredaran narkoba, serta ikut mencegah pergerakan pengedarnya.

"Pakai saja cara yang paling gampang, kalau ada pengedar, laporkan  pada kepolisian. Ini aman buat Anda yang melaporkan, dan juga aman buat lingkungan sekitar kita," ujar pria yang kerap disapa Oso ini.

KAMMI dinilai tidak terpengaruh dengan gesekan yang terjadi selama ini. Oesman memuji hal tersebut, sebab menurut ia itu adalah langkah perlindungan dari rusaknya persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com