Advertorial

Kiat Sukses Menjadi Wanita Karier dari Direktur BCA Lianawaty Suwono

Kompas.com - 08/05/2017, 15:00 WIB

Wanita bekerja selalu dihadapkan pada pilihan yang sulit. Mengejar impiannya dalam berkarier atau mendahulukan keluarga. Ketika sukses menjadi wanita karier bisa jadi keluarga terlupakan karena aktivitas sehari-hari yang berkaitan dengan pekerjaan sudah sangat melelahkan.

Sementara, jika merelakan diri melepas karier yang sudah dirintis untuk berfokus pada keluarga, rasanya sayang juga. Itulah mengapa menjadi wanita karier tidaklah mudah, perlu pengorbanan dan upaya lebih.

Seperti yang dilakukan oleh Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Lianawaty Suwono. Sebelum berada di posisinya saat ini, ia mengaku tak pernah bercita-cita dan berambisi untuk menduduki jabatan tinggi di sebuah perusahaan.

"Saya dulu hanya berpikir akan menjadi Kepala Biro saja selama berkarier di BCA, karena tanggung jawab seorang Kepala Biro masih terbatas pada suatu scope tertentu dengan resiko yang terbatas. Posisi seperti ini paling ideal untuk perempuan yang ingin sukses di karier dan keluarga,” ujarnya.  

Menurut pemikirannya saat itu, perempuan yang memiliki karier lebih tinggi dari Kabiro akan memiliki risiko yang lebih tinggi dalam menjaga keutuhan hubungan dengan keluarga.

Namun ternyata, perusahaan mengapresiasi kinerjanya dan mempromosikan dirinya untuk menjabat sebagai Wakil Kepala Divisi (Wakadiv). Ia bercerita, saat itu terjadi pergumulan batin. Ia cukup lama mempertimbangkan untuk menerima jabatan tersebut atau tidak.

Namun, ia tidak melupakan komunikasi dengan keluarga. Pembicaraan dengan keluarga dilakukan berkali-kali untuk memastikan ada restu dan dukungan dari mereka. Hal yang sama juga dilakukan saat ia mendapatkan promosi menjadi Kepala Divisi.

Lianawaty mengaku jabatan yang dipercayakan kepadanya ini adalah berkah atas komitmen ia untuk selalu memberikan kemampuan terbaiknya dalam bekerja. "Saya tidak pernah fokus dengan jabatan.Tapi, jika sudah dipercaya, saya akan bekerja maksimal. Memberikan yang terbaik, itu prinsip saya," paparnya.

Kini, Lianawaty telah menjabat sebagai direktur. Meski sibuk dalam karier, Lianawaty mengaku tetap meluangkan waktu khusus untuk keluarga. Salah satu aktivitas rutin dengan keluarga dijalankannya menjelang akhir pekan, ia bersama dengan keluarganya selalu pergi ke bioskop demi menonton sebuah film.

Baginya, ada yang kurang jika dalam sepekan tidak menonton film bersama keluarga. Lianawaty juga akan menyediakan hari liburnya untuk bercengkerama dan berdiskusi dengan keluarganya. "Sebisa mungkin weekend itu benar-benar buat keluarga dan itu termasuk kunjungan ke orang tua," papar dia.

Selain menyediakan waktu, untuk bisa sukses di keluarga, menurut Lianawaty janganlah melawan kodrat Tuhan bahwa perempuan adalah wakil pimpinan dalam rumah tangga. Walau ia sebagai direksi di sebuah perusahaan, Lianawaty mengaku tetap menjadi orang nomor dua di keluarga dan berperan sebagai pendukung suami.

"Laki-laki itu punya pride. Sebagai pasangan, istri harus bisa menjaga harga diri suaminya. Ini pelajaran untuk wanita karier agar tetap bisa memiliki hubungan yang sehat dengan keluarga," ungkap dia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com