kabar mpr

Keragaman Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia

Kompas.com - 10/05/2017, 18:55 WIB
- -

Ketua MPR RI menyatakan pentingnya budaya dalam kehidupan bangsa Indonesia. Dalam pemaparannya di Seminar Nasional Sinergitas Agama, Budaya, dan Negara di Aula Anwar Musadad UIN Sunan Gunung Djati, Bandung (10/05/2017), Zulkifli Hasan meyakinkan bahwa budaya masing-masing daerah dilindungi oleh undang-undang.

"Budaya masing-masing daerah dijamin oleh Undang-Undang Dasar 1945, silahkan dioptimalkan. Justru budaya lokal itulah yang menjadi sumber budaya nasional," ujarnya

Indonesia memiliki lebih dari 700 etnis dan 800 bahasa daerah di seluruh nusantara. Keragaman ini dipersatukan oleh budaya nasional dan seharusnya dapat menjadi kekuatan Indonesia, bukan malah menjadi sumber perpecahan.

"Potensi ekonomi lokal itu adalah potensi ekonomi nasional, dengan catatan keragaman itu harus saling menghargai," tutur Zulkifli.

-

Zulkifli menekankan keberagaman itulah yang menjadi jati diri bangsa Indonesia, yang membedakannya dengan negara-negara lain. Lebih lanjut Zulkifli menjelaskan, jika menengok ke sejarah kemerdekaan Indonesia, berbagai kerajaan yang kala itu berdiri rela untuk meleburkan diri dan bersatu menjadi Indonesia. Oleh sebab itu, jika saat ini keragaman masih menjadi perdebatan dan sumber keributan, maka hal itu merupakan suatu kemunduran bagi negara ini.

"Jadi itulah Bhinneka Tunggal Ika, apapun agamanya, dari manapun latar belakangnya, apapun sukunya, dia memiliki hak yang sama. Tidak ada diktator mayoritas, tidak ada pula tirani minoritas," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.