Advertorial

Seperti Tokoh Hermione, Emma Watson Ternyata Juga Kutu Buku

Kompas.com - 12/05/2017, 19:05 WIB
- -

Tahukah Anda kalau Emma Watson ternyata punya kesamaan hobi dengan beberapa tokoh dalam film yang ia perankan? Layaknya Hermione dalam seri Harry Potter dan Belle dalam film terbarunya Beauty and the Beast aktris asal Inggris ini adalah kutu buku sejati!

Em, begitu ia biasa disapa, sangat gemar membaca buku. Mulai dari sastra klasik hingga modern. Buku-buku fiksi hingga pengetahuan umum. Emma bahkan sempat memutuskan cuti akting selama setahun agar ia bisa membaca lebih banyak buku.

Kepada portal berita hiburan EW.com, Emma mengatakan bahwa sejak kecil ia memang sudah dekat buku. Sewaktu kecil ayahnya sering membacakan buku-buku fiksi untuknya. Terutama buku-buku karya Roahld Dahl.

“Saya mulai membaca sejak kecil, namun baru mulai menjadi kutu buku ketika remaja. Setelah saya lulus sekolah menengah dan kuliah saya mulai lebih banyak membaca dari sebelumnya,” ujar aktris yang saat ini berusia 27 tahun tersebut.

Emma sanggup melahap puluhan buku dalam satu tahun. Beberapa buku favoritnya adalah Persepolis karya Marjane Satrapi, My Life on the Road karya Gloria Steinem, A Thousand Splendid Sun karya Khaled Hosseini, The Remains of the Day karya Kazuo Ishiguro, buku-buku Harry Potter, dan masih banyak lagi.

Emma memang terkenal sebagai aktris yang tidak hanya pandai berakting, namun juga cerdas. Saat ini selain sebagai aktris Emma juga dikenal sebagai UN Women Goodwill Ambassador dan aktivis sosial yang secara aktif memberdayakan kaum perempuan lewat gerakan HeForShe.

Selain gemar membaca aktris kelahiran Paris, Prancis ini juga rajin memberi rekomendasi judul-judul buku favoritnya untuk para penggemar. Rekomendasi tersebut ia berikan lewat klub buku yang ia bentuk di situs Goodreads yaitu Our Shared Shelf. Sekarang anggota klub buku tersebut sudah mencapai ratusan ribu orang. 

Tidak hanya untuk berbagi judul buku menarik, klub buku tersebut dibuat karena ia ingin para penggemarnya juga terdorong untuk gemar membaca dan mencintai karya-karya sastra.

Emma juga sedang rajin membagikan buku-buku gratis. Ia menyembunyikan buku-buku sastra yang ia rekomendasikan di sekitar stasiun kereta bawah tanah London, taman, dan tempat-tempat umum.

Ia berharap buku-buku tersebut ditemukan oleh orang yang lewat dan dibaca. Setelah selesai dibaca, orang tersebut diminta untuk menyembunyikan kembali buku tersebut di tempat semula agar dapat ditemukan dan dibaca lagi oleh orang lain. Ia menamakan gerakan ini Books on the Underground.

Aksinya sebagai peri buku ini sering ia dokumentasikan di akun Instagramnya. November tahun lalu Emma membagikan 100 eksemplar buku Mom & Me & Mom karya Maya Angelou yang juga adalah buku favoritnya.

Aksi aktris cantik Emma Watson tersebut sangat menginspirasi bukan? Jika Anda juga ingin berkontribusi meningkatkan kecintaan terhadap buku dan budaya baca, Anda bisa memulainya dari sekarang.

Caranya dengan mengikuti Gerakan #BukuUntukIndonesia. Kunjungi www.bukuuntukindonesia.com, klik tombol “Berbagi”. Anda akan diarahkan ke halaman situs jual beli Blibli.com untuk memilih paket donasi yang Anda inginkan.

Hanya dengan memilih paket donasi minimal Rp 100 ribu Anda sudah dapat berpartisipasi mewujudkan generasi penerus bangsa yang lebih baik, menumbuhkan budaya baca, dan tingkat literasi di Indonesia.

Uang yang terkumpul dari donasi ini nantinya akan dikonversikan menjadi buku-buku bacaan. Buku-buku tersebut akan didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia. Segera berdonasi dan buat generasi muda gemar membaca!