Advertorial

Kesuksesan Alibaba Dorong Pengusaha Jeli Lihat Peluang Bisnis (1)

Kompas.com - 12/05/2017, 19:35 WIB
- -

Jack Ma berhasil membawa Alibaba menjadi perusahaan e-commerce terbesar di China. Layaknya toko kelontong, Alibaba menyediakan berbagai barang kebutuhan konsumen.

Di satu sisi, fenomena tersebut mempersulit para pengusaha baru yang juga ingin masuk ke sektor ­e-commerce. Para pengusaha itu dituntut untuk lebih kreatif dan jeli melihat peluang.

Kemampuan itu dimiliki Wang Wei, seorang pengusaha yang kini berhasil mengejar kesuksesan Jack Ma dengan Alibaba-nya. Meski tak memiliki gelar sarjana, pria ini sukses jadi miliarder berkat usaha pengiriman barang yang ia rintis.

Melalui SF (Shunfeng Express) Express, Wei berhasil menjadi orang terkaya nomor lima di China. Menurut Forbes, kekayaannya mencapai 18,8 miliar dollar AS.

Wei sama sekali tak memiliki latar belakang bisnis. Keluarganya bukan pengusaha. Ayahnya seorang penerjemah bagi Tentara Komunis China. Sementara ibunya adalah seorang guru.

Lantas dari mana ia belajar dunia bisnis? Dari pamannya. Begitu lulus sekolah, Wei bekerja di toko percetakan milik pamannya di Guangdong.

Dari sana, Wei mulai mengenal bisnis distribusi barang serta mulai mempelajari cara mengirim pesanan pada klien-kliennya. Bisnis inilah yang menjadi peruntungan Wei. Menurut laporan Barrons, nilai SF Express saat ini sudah mencapai 33 miliar dollar AS.

Valuasi tersebut meningkat ketika Wei melakukan penawaran saham perdana alias initial public offering (IPO) pada Februari 2017. Kenaikan valuasi pasar tersebut juga berkat membaiknya kinerja perusahaan sepanjang tahun lalu.

Laba bersih perusahaan Wei ini mencapai 377,5 juta dollar AS dengan pendapatan 8,3 miliar dollar pada tahun 2016.

Untuk mempertahankan kinerja setelah IPO, Wei terus melakukan ekspansi. Jika selama ini ia hanya fokus di China, kini ia memperluas cakupan bisnis ke Asia, Amerika, Eropa, Uni Emirat Arab, Australia dan Selandia Baru. Sampai saat ini, SF Express sudah memiliki ratusan cabang di 55 negara.

Sumber: Smart-money.co