Advertorial

Kesuksesan Alibaba Dorong Pengusaha Jeli Lihat Peluang Bisnis (2)

Kompas.com - 12/05/2017, 19:59 WIB
- -

Nama Wang Wei melejit ketika berhasil membawa bisnis SF Express kepada kesuksesan. Dengan usaha pengiriman barang yang ia rintis ini, Wei menjadi orang terkaya nomor lima di China.

Pasca IPO 2017, SF Express mengembangkan bisnis baru, yaitu SF E-Parcell. Produk baru ini diciptakan karena Wei melihat permintaan pengiriman barang secara online semakin tinggi.

Bisnis baru ini diharapkan menjadi mesin pendorong utama bisnis SF Express ke depannya. Tahun 2016, bisnis pengiriman paket Wei mencatatkan 2,8 miliar pengiriman atau naik 31 persen secara tahunan.

Untuk menjaga persaingan dengan para kompetitor, SF Express akan lebih menyasar bisnis menengah atas. SF Express menunjukkannya melalui pendirian perusahaan kargo.

Wei yakin strategi ini dapat membuat bisnis SF Express lebih efisien karena mengurangi biaya operasional.

Selain itu, menurut Technode, SF Express sedang mengembangkan bisnis pusat perbelanjaan dengan nama Heike.

Toko tersebut menawarkan jasa binatu, pemesanan tiket pesawat, isi pulsa dan membayar tagihan. Toko ritel ini melayani secara online di semua provinsi China, kecuali Tibet dan Qinghai.

Heike memberi katalog produk yang bisa diakses melalui komputer atau tablet. Katalog digital tersebut juga mampu membuat SF Express terbebas dari beban pengelolaan persediaan yang menjadi masalah utama peritel selama bertahun-tahun.

Melalui bisnis ritel ini, SF Express membuka 500 toko Heike. SF Express akan membuka 1.000 gerai Heike hingga akhir 2017. Prediksinya, Heike akan menjadi pesaing berat Alibaba, karena kini telah memiliki 40 juta klien yang sudah menggunakan layanan pengiriman barang.

Sumber: Smart-money.co