Advertorial

Bingung Pilih Busana untuk Bukber? Ikuti Tips Ini

Kompas.com - 22/05/2017, 11:50 WIB
- --

Tidak hanya sebagai momen untuk kembali mengoreksi diri, Ramadan juga seringkali menjadi momen untuk merekatkan kembali silaturahmi. Baik dengan anggota keluarga, rekan kerja, ataupun dengan sahabat-sahabat yang sudah lama tidak bertemu. Biasanya dilakukan melalui acara buka puasa bersama atau sering disingkat bukber.

Bagi para wanita, bertemu dengan banyak orang yang sudah lama tidak dijumpai, tampil cantik adalah sebuah keharusan. Oleh karena itu, selain menentukan waktu dan tempat bukber yang sesuai, menentukan busana yang cocok dipakai untuk bukber juga merupakan masalah yang lumayan rumit.

Nah, untuk Anda yang masih bingung ingin pakai baju seperti apa agar tampil spesial, cantik, namun tidak berlebihan saat bukber, ikuti saja tips ini. 

1. Pilih pakaian sesuai tema

Beberapa acara buka puasa bersama diadakan dengan mengangkat tema tertentu dan mengharuskan pesertanya menggunakan kostum dengan warna atau model yang ditentukan. Misalnya, etnik, bergaya Timur Tengah, serba putih, serba pink, dan sebagainya. Supaya tidak salah kostum sebaiknya tanya cermati dulu apa tema acaranya atau dress code yang harus digunakan.

2. Sesuaikan dengan bentuk tubuh

Anda yang bertubuh mungil sebaiknya tidak menggunakan kaftan atau abaya panjang agar tidak terkesan tenggelam. Sebaiknya pilih blus semi kaftan atau tunik. Padukan dengan kain etnik, rok simpel, atau celana panjang bahan yang rapi.

Sebaliknya Anda yang bertubuh tinggi bisa bereksperimen dengan kaftan panjang atau abaya. Jika bentuk tubuh lurus tanpa lekukan sebaiknya pilih pakaian yang memiliki detail di pinggang atau berpotongan di pinggang agar bentuk tubuh lebih seimbang. Anda yang punya tubuh berbentuk jam pasir, sebaiknya pilih pakaian dengan bahan ringan agar tubuh tidak terlihat terlalu bervolume.

3. Pilihan warna sesuai warna kulit

Ada warna pakaian tertentu yang membuat kulit terlihat lebih kusam, ada juga yang membuat kulit lebih bersinar. Oleh karena itu perhatikan kesesuaian warna pakaian dengan warna kulit. Jika kulit Anda putih pucat atau lebih banyak menampilkan rona merah muda, pilih pakaian dengan warna dingin  seperti biru tua, toska, hijau gelap, magenta, atau ungu.  

Untuk  Anda yang berkulit kuning langsat pilih warna-warna hangat seperti coklat, khaki, merah maroon, atau nuansa oranye. Sementara  Anda yang berkulit sawo matang atau lebih gelap, jangan memilih warna pastel karena penampilan akan terlihat kusam.

4. Pertimbangkan kenyamanan

Agar bebas bergerak dan tidak kerepotan sendiri dengan busana yang dikenakan, pilih model yang longgar. Bahan juga harus nyaman. Usahakan untuk tidak memilih pakaian dengan detail terlalu rumit di lengan. Anda akan kerepotan saat mau makan. Selain itu minimalisasi penggunaan aksesoris.

Jika memilih busana muslim yang sudah bermotif atau memiliki aksen payet sebaiknya gunakan hijab segi empat polos dengan warna senada. Keuntungan menggunakan hijab segi empat adalah modelnya yang lebih simpel dan fleksibel. Hijab segi empat dapat dibentuk-bentuk, ditata, dan dikreasikan hanya dengan bermodal peniti atau jarum pentul. Tersedia juga banyak tutorial untuk menata hijab segi empat di Youtube. Tinggal contek saja.

Tidak perlu repot mencari busana muslim untuk bukber di tengah kesibukan sehari-hari yang padat. Anda tidak perlu keliling pusat perbelanjaan atau bahkan berdesakan di pusat-pusat belanja baju muslim. Kunjungi saja situs jual beli online Tokopedia.

Anda dapat menemukan koleksi kaftan model terbaru, abaya, blus semi kaftan, dan masih banyak lagi di Tokopedia. Selain itu tersedia juga beragam pilihan hijab segi empat yang dapat menjadi pelengkap busana.

Tampil cantik di setiap acara bukber dimulai dari Tokopedia. (Adv)