Advertorial

Sayangi Payudara Anda, Kenali Gejala Kanker Payudara ! Para Wanita Baca Ini!

Kompas.com - 22/05/2017, 15:15 WIB
- -

Kanker payudara adalah salah satu tumor ganas yang paling sering ditemukan pada wanita, tingkat kejadiannya semakin bertambah, dan cenderung terjadi pada wanita usia muda. Berdasarkan data statistik, tingkat terjadinya kanker payudara mencapai 7%-10%, terlebih pada usia 40-60 tahun, pada masa sebelum dan sesudah menopause, risikonya akan lebih tinggi.

Ahli dari St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menuturkan, sebagian besar penderita saat terdiagnosa, kankernya sudah memasuki stadium lanjut, salah satu penyebabnya adalah banyak wanita yang tidak menghiraukan gejala kanker payudara pada gejala awal. Kalau begitu, apa saja gejala awal kanker payudara? Di bawah ini, para ahli kami akan menjelaskannya secara rinci kepada anda.

Gejala Awal Kanker Payudara :

1.    Payudara Nyeri

Pada sebagian penderita gejala awal, walaupun tidak ditemukan benjolan yang jelas, tetapi sering merasakan nyeri pada payudara, sakit yang menusuk, bengkak, dan gejala lainnya. Jika anda menemukan gejala sakit di atas, disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke bagian ginekologi, dan harus segera melakukan pemeriksaan pencitraan.

2.    Kedua Sisi Payudara Asimetris

Karena keberadaan tumor atau pelekatan tumor dan dinding dada, payudara bisa mengalami perubahan volume atau bentuk, ini harus diwaspadai dan segera melakukan pemeriksaan terkait.

3.    Galaktorea

Penampakan utamanya putting susu mengeluarkan cairan berwarna putih, kuning pucat, warna darah, berair dan keluar nanah.

4.    Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pada gejala awalnya bisa ditemukan pembengkakan kelenjar getah bening pada ketiak.

5.    Perubahan Pada Puting

Saat tumor invasi ke daerah bawah puting atau areola, bisa menyebabkan putting mengalami deviasi ke satu sisi, retraksi atau depresi.

6.    Benjolan Payudara

Saat menekan payudara dan menemukan benjolan, seringkali tunggal, tidak teratur benjolan keras yang dapat bergerak biasanya tidak akan menimbulkan rasa sakit yang nyata. Kami sarankan anda melakukan pemeriksaan USG, untuk mengetahui lebih jelas mengenai ukuran, bentuk, sifat, dan lainnya.

7.    Perubahan Pada Bagian Kulit

Kulit payudara bisa berubah seperti kulit jeruk, pada edema terdapat pori-pori yang memiliki depresi yang jelas, menyebabkan permukaan kulit menjadi tidak rata, seperti kulit jeruk.

-

Ahli dari St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou memperingatkan, jika Anda menemukan gejala-gejala di atas, waspadalah, dan lakukanlah pemeriksaan ke rumah sakit. Selain itu, dalam hidup sehari-hari, Anda dapat melakukan pemeriksaan sendiri terkait dengan perubahan pada payudara.

Apakah Anda mengalami gejala di atas? Atau Anda / keluarga ada menderita kanker payudara dan sedang mencari pengobatan medis modern tanpa operasi dan tanpa kemoterapi? Jika memerlukan konsultasi dengan Ahlinya, silahkan klik di sini untuk konsultasi online.

Baca tentang