Advertorial

Kronologi Komparasi 4 Jenis Oktan BBM

Kompas.com - 22/05/2017, 15:17 WIB
Otomania.com - Proses pengisian bensin sebanyak 3 liter menggunakan gelas ukur. OtomaniaOtomania.com - Proses pengisian bensin sebanyak 3 liter menggunakan gelas ukur.

Jakarta, Otomania.com - Pengujian komparasi 4 jenis bensin berawal dari diler Nissan Datsun di Halim, Jakarta. Waktu pengujian dilakukan pada akhir pekan dan dimulai jam 10.00 WIB.

Sebelum mulai, para mekanik melakukan pengosongan bensin dari tangki Datsun Go+ Panca. Setelah itu mobil coba dinyalakan untuk memastikan tak ada lagi bensin yang tersisa.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan bensin yang akan digunakan sebanyak 3 liter. Agar volume bensin lebih presisi kami menggunakan gelas ukur.

Kondisi jalan

Target lokasi yang dituju adalah ICE BSD, Tangerang. Start dari diler rombongan menuju Tugu Pancoran dan memutar ke arah Cawang. Kondisi jalan saat itu cukup macet karena adanya perbaikan jalan. Kemacetan berakhir ketika memasuki tol dalam kota.

Anggara Kusuma Otomania.com - Detail pengujian komparasi 4 jenis oktan BBM

Kepadatan lalu lintas kembali menghadang di tol saat menuju TMII hingga jelang gerbang tol JORR. Lepas dari gerbang tol rombongan mulai bisa menambah kecepatan hingga 80 kpj.

Antrean mobil kembali terjadi jelang gerbang tol Pondok Ranji. Namun selepas itu jalan kembali lancar. Kepadatan lalu lintas kembali ditemui rombongan tak lama setelah keluar tol JORR. Kondisi tersebut bertahan hingga perempatan menuju ICE BSD.

Setelah masuk kawasan BSD City lalu lintas kembali lancar. Kemacetan skala ringan terjadi setiap hendak melintasi lampu lalu lintas. Di kawasan dekat ICE BSD inilah Datsun Go+ Panca mulai kehabisan bensin.

Otomania Otomania.com - Pengemudi menggunakan metode berkendara efisien (eco drive) saat melakukan uji coba.

Setelah dipastikan benar-benar habis, tangki bensin kembali diisi dengan bensi yang berbeda dan kembali ke diler Nissan Datsun di Halim melalui rute yang sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Redaksi melakukan 2 kali pengujian dengan rotasi jenis bensin yang berbeda untuk mendapatkan porsi yang sama.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.