Advertorial

Spirit Pembalap yang Dituangkan dalam Yamaha R15

Kompas.com - 22/05/2017, 20:13 WIB
- --

Motor dengan model sport racing mungkin pernah menjadi kendaraan impian bagi setiap cowok. Entah itu karena menyukai kompetisi balap MotoGP, penyuka kecepatan, atau karena terinspirasi dari role model film action di masa kecil yang sering menggunakan motor tersebut sebagai tunggangannya dalam menumpas kejahatan.

Memang motor ini memiliki berbagai karakter yang membuatnya lebih superior dibandingkan jenis motor biasanta. Mulai seperti ukuran motornya yang lebih besar, sampai kemampuan untuk melaju dengan cepat di jalanan.

Mengendalikannya pun cenderung lebih susah dan memerlukan keahlian tersendiri. Tidak heran, kalau motor jenis ini selalu identik dengan kemaskulinan.

Sayangnya, karena kondisi jalanan umum tidak seperti pada lintasan MotoGP dan juga film-film action, meskipun keren, mengendarai motor jenis sport racing tidak senyaman yang dibayangkan. Biasanya hal-hal tidak nyaman yang paling dirasakan adalah: bebannya berat, tidak nyaman dibawa dalam kecepatan rendah, sampai kopling yang keras.

Memang, beberapa masalah tersebut tidak akan terasa ketika Anda memacunya pada lintasan balap, tetapi untuk jalan umum jadi beda cerita. Namun tetap saja,  kuda besi ini masih tetap menjadi impian banyak cowok.

Spirit pembalap pada kuda besi jalanan

- -

Memahami banyaknya impian terhadap motor jenis sport racing, spirit pembalap tersebut dituangkan oleh Yamaha pada motor Yamaha R15. Sekali lihat Anda akan langsung tahu kalau motor ber-fairing ini adalah jenis motor sport racing yang banyak diinginkan.

Tetapi tidak perlu khawatir, pabrikan berlogo garpu tala ini menyisipkan berbagai teknologi mutakhir sehingga kuda besi ini dapat digunakan dengan nyaman di jalan umum.

Pertama, Yamaha R15 menggunakan fitur Variable Valve Actuation (VVA)  untuk mempertahankan performa baik pada putaran atas dan juga putaran bawah. Fitur VVA ini akan menjaga tenaga dan torsi maksimum tetap didapat pada semua putaran mesin.

Hal itu didapat karena klep akan menyesuaikan fakto. Setelah putaran mesin mencapai  7.400 rpm, VVA pada R15 akan aktif, dan ECU memberikan instruksi ke selenoid untuk pindah kem. VVA kemudian mengubah durasi intake low cam jadi intake high cam.

Valve berubah, durasi berubah, lift berubah, otomatis tenaga siap terus ”mengisi” r timing, durasi, dan lift.

Selanjutnya, mengatasi masalah kopling yang cukup keras, Yamaha R15 menyematkan fitur assist. Biasanya para pembalap malah sengaja mengubah lebih keras tuas koplingnya, agar dapat digunakan dengan reaksi spontan. Tetapi untuk penggunaan harian yang cenderung sering mengunakan kopling, keras membuatnya jadi tidak nyaman.

Untuk mengubah keras lembutnya tuas, biasanya dimodifikasi pada per kopling dengan mengubah spring rate menjadi lebih rendah. Namun modifikasi ini membuat reaksi kopling jadi sedikit terlambat. Untuk itu Yamaha R15 memberikan ubahan di pressure plate, di mana dimensinya berbeda untuk mengakomodasi ubahan spring rate yang lebih rendah.

Dengan begitu, teknologi assist ini membantu membuat kopling jadi lebih lunak, tanpa mengorbankan akselerasi.

- -

Tidak hanya itu, Yamaha R15 juga dibekali dengan fitur slipper clutch yang fungsi utamanya untuk menghindari torsi yang berbalik. Torsi yang berbalik Ini sering terasa di motor bermesin besar, di mana saat menurunkan transmisi akan mengakibatkan engine brake yang kuat.

Fitur slipper clutch ini sistemnya mencegah kopling tersambung lebih dulu, atau gampangnya diselipkan dulu, sehingga kopling tidak tersambung dan membuat gejala torsi yang berbalik menjadi  berkurang.

Terakhir, untuk mendapatkan karakter motor super sport yang kuat, Yamaha R15 menggunakan Suspensi Upside Down (USD). Pada sisi kinerja, USD memang memiliki peredaman yang lebih rigid, sehingga diperlukan oleh motor sport.  Tetapi tidak hanya itu saja, penggunaan USD yang memiliki bobot lebih berat juga mengimbangkan antar berat depan dan belakang untuk menghasilkan pengendalian maksimal dan nyaman.

Cari tahu lebih banyak tentang Yamaha R15 di http://www.yamaha-motor.co.id/product/all- new-r15. (Adv)