Advertorial

Bayar Belanjaan di Forum Jual Beli KASKUS Sekarang Bisa Pakai Sakuku

Kompas.com - 24/05/2017, 09:14 WIB
- --

Forum Jual Beli (FJB) KASKUS sudah jadi arena belanja online favorit para pengguna internet, khususnya anggota forum komunitas KASKUS. Di forum ini, siapapun bisa menemukan berbagai macam barang yang dicari, dengan harga yang sangat kompetitif. Pembeli pun bisa menawar harga, layaknya belanja di pasar.

Sekarang, FJB KASKUS menambah pilihan metode pembayarannya dengan Sakuku. Sakuku merupakan dompet elektronik yang memungkinkan penggunanya melakukan transaksi melalui aplikasi pada ponsel pintar. Metode pembayaran ini merupakan inovasi dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Dengan Sakuku, pengguna bisa membayar tagihan belanja online atau transaksi di restoran dengan praktis, hanya dari genggaman tangan.

Lalu, bagaimana dengan penggunaan Sakuku pada FJB KASKUS?  Usai negosiasi dan menemukan kesepakatan harga dengan penjual, pembeli bisa memilih Sakuku sebagai metode pembayaran.

Setelah itu, akan muncul QR Code. Pembeli dapat memindai QR Code tersebut dengan aplikasi Sakuku di ponsel, lalu memasukkan enam digit PIN Sakuku. Jika semua langkah tersebut sudah dilakukan, pembayaran selesai.

Setelah pembayaran lunas, KASKUS akan segera mengingatkan penjual untuk mengirim barang. Penjual akan menerima uang pembayaran dari BranKas KASKUS setelah pembeli mengkonfirmasi bahwa barang telah diterima.

Apa itu BranKas KASKUS? Ini merupakan salah satu fasilitas di KASKUS yang berfungsi untuk memudahkan orang yang ingin membayar barang belanjaan di FJB melalui perantara resmi. Fasilitas BranKas sudah memiliki berbagai sistem pembayaran, seperti bank transfer, Klik BCA, bayar di Indomaret, dan yang terbaru, Sakuku.

Penambahan fasilitas pembayaran ini ditujukan untuk menambah kenyamanan penjual dan pembeli dalam FJB KASKUS. Kepada Smart-money.co VP Product Management KASKUS Ardyanto Alam mengatakan, sebelumnya para pengguna lebih senang melakukan transaksi secara cash on delivery (CoD). Artinya, penjual akan bertemu dengan pembeli di sebuah lokasi yang ditentukan dan pembayaran akan dilakukan secara langsung saat itu juga.

Sekilas tentang aktivitas di FJB KASKUS, sistem jual beli di sini sedikit berbeda dengan toko jual beli online pada umumnya. Di FJB KASKUS, para anggota komunitas biasanya aktif menawarkan barang atau produk pada anggota komunitas yang lain. Menurut Ardyanto, jual beli di KASKUS kebanyakan berasal dari consumer to consumer (C to C).

Sumber: Smart-money.co