Kilas daerah

Sule Bikin Lagu Sunda "Kang Dedi Urang Lembur"

Kompas.com - 28/05/2017, 04:33 WIB
Di lagu berdurasi 3 menit 41 detik tersebut, Sule menceritakan sosok Dedi dMulyadi sebagai putra Sunda yang lahir di Subang, Jawa Barat, pada 11 April 1971.

Dok Humas Pemkab PurwakartaDi lagu berdurasi 3 menit 41 detik tersebut, Sule menceritakan sosok Dedi dMulyadi sebagai putra Sunda yang lahir di Subang, Jawa Barat, pada 11 April 1971.

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Komedian terkenal asal Jawa Barat, Entis Sutisna alias Sule, mengarang sebuah lagu khusus untuk Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Lirik lagu tersebut menceritakan tentang kelahiran dan penggambaran sosok Dedi Mulyadi selama ini.

Sule, yang masuk sebagai salah satu figur calon di Pilgub Jawa Barat 2018 sesuai hasil Survei Lembaga Median, malah secara terang-terangan mendukung Bupati Purwakarta untuk maju di Pilkada Gubernur Jabar 2018 mendatang.

Komedian dengan ciri khas rambut panjang berwarna kuning itu mengaku telah lama mengenal Dedi Mulyadi, jauh sebelum dirinya terkenal seperti sekarang ini.

"Saya kenal Kang Dedi sudah lama. Lagu ini saya ciptakan sebagai hadiah ulang tahun beliau pada 11 April kemarin," jelas Sule kepada Kompas.com saat di Garut belum lama ini.

Di lagu berdurasi 3 menit 41 detik tersebut, Sule menceritakan sosok Dedi Mulyadi sebagai putra Sunda yang lahir di Subang, Jawa Barat, pada 11 April 1971.

Di lagu itu diketahui Dedi pernah tinggal di kawasan Sadang, Purwakarta, selepas menyenyam pendidikan di SMA Purwadadi, Subang.

Dari Sadang inilah Dedi mulai mengenal hiruk pikuk kehidupan sosial politik di Purwakarta hingga akhirnya berhasil menjadi Ketua Umum HMI Cabang Purwakarta, Pengurus SPSI Purwakarta hingga menjadi Wakil Bupati
Purwakarta pada Tahun 2003.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sikap khas Dedi Mulyadi yang dikenal berkarakter dan sering membantu kepada sesama pun tak luput dari paparan Sule dalam lagu tersebut.

Hubungan Sule dengan Dedi memang terbilang dekat. Saat masih tergabung dalam kelompok lawak SOS, Sule beserta Oni dan Ogi sering berkunjung dan menghibur masyarakat Purwakarta bersama Dedi Mulyadi.

"Dulu Kang Sule sering ke sini bareng SOS, pakai mobil carry. Diamasih jarang tampil di TV pokoknya," jelas Gilang (26), salah satu asisten Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Sule pun, tambah Gilang, meskipun telah terkenal seperti sekarang ini masih sering bertemu Dedi Mulyadi. Bahkan, di setiap acara Golkar di daerah-daerah pelosok Jawa Barat, Sule kerap menjadi salah satu bintang tamu yang menghibur para penonton.

"Sule masih sering tampil dengan bapak di acara Golkar di pelosok daerah di Jawa Barat. Memang, bapak dan Sule sudah dekat sejak lama," kata Gilang.

Dalam video klip lagu berjudul "Kang Dedi Urang Lembur" atau Kang Dedi Orang Desa tersebut seluruhnya berlatar belakang wilayah Purwakarta. Sule bernyanyi dengan diangkat memakai boneka singa atau Sisingaan di depan Taman Air Mancur Sribaduga sebagai ikon pembangunan Purwakarta.

Tak hanya itu, Dalam cuplikan video klip lagu itu Sule terlihat sedang bernyanyi memakai kendaraan golf yang dikemudikan oleh Dedi Mulyadi.

"Semua video klipnya memang khusus dibuat di Purwakarta," ujar Gilang.

Lagu Kang Dedi tersebut telah diunggah oleh Sule di Youtube milik dirinya untuk disebarluaskan. Bahkan, setiap acara dirinya di televisi, kalau saat mengundang Bupati Purwakarta tersebut sering dimainkan lagu ciptaannya untuk pembukaan.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.