Advertorial

Inilah Produk yang Dicari Konsumen Selama Ramadhan

Kompas.com - 29/05/2017, 14:47 WIB

 

Peluang bisnis di bulan Ramadhan terbuka sangat lebar. Sebagai pebisnis, seharusnya Anda paham akan hal ini.

Dalam menunjang peluang tersebut, perilaku masyarakat Indonesia pada bulan ini perlu diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan kesuksesan jenis usaha apa yang bisa dijalani selama Ramadhan.

Google Indonesia mencatat pada bulan ini banyak masyarakat yang menghabiskan banyak waktu untuk berbelanja. Masyarakat yang melakukan pencarian produk lewat Google menjelang Lebaran pun meningkat sebesar 28 persen.

Berdasarkan data Google Indonesia, produk-produk yang kerap dicari jelang bulan Ramadan adalah pencarian promo kartu kredit, peralatan memasak, telepon genggam terbaru, baju-baju untuk Lebaran, hingga produk kecantikan.

Seperti pada tahun 2016 lalu, penelusuran yang berkaitan dengan pakaian melonjak 2,8 kali lipat, alat-alat rumah tangga meningkat 2 kali lipat, dan promosi telepon seluler naik sebesar 1,8 kali lipat.

Selain itu, penelusuran terkait pembayaran lewat cicilan naik sebesar 1,6 kali lipat dan pencarian promo kartu kredit tumbuh 1,2 kali lipat. Hal tersebut disebabkan oleh pengeluaran yang mungkin membengkak pada saat Ramadhan dan beberapa orang tidak dapat membayar dengan uang tunai.

Penelusuran mengenai promosi dan diskon pun memuncak saat Ramadhan. penelusuran smartphone mencapai puncaknya pada pekan pemberian THR, dengan peningkatan kata kunci tentang harga dan promosi sebesar 40 persen. (Adv) 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com