Ratusan Atlet Akan Perebutkan 1 Juta Dollar AS di BCA Indonesia Open 2017 - Kompas.com
Advertorial

Ratusan Atlet Akan Perebutkan 1 Juta Dollar AS di BCA Indonesia Open 2017

Kompas.com - 31/05/2017, 08:53 WIB
-

Turnamen bulu tangkis bergengsi BCA Indonesia Open Super Series Premier (BIOSSP) akan kembali bergulir pada 12-18 Juni 2017 mendatang. Ratusan atlet bulu tangkis dunia akan kembali berlaga dan para penggemar olahraga bulu tangkis harus siap-siap mendukung atlet kesayangan melaju ke puncak turnamen.

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dalam konferensi pers, Senin (22/5/2017) mengatakan bahwa tahun ini BCA Indonesia Open diikuti oleh 310 atlet bulu tangkis yang berasal dari 21 negara.

Mereka akan berlaga memperebutkan total hadiah 1 juta dollar AS atau setara dengan Rp 13,5 miliar. Nominal hadiah tersebut menjadikan BCA Indonesia Open 2017 turnamen bergengsi dengan hadiah paling besar di antara turnamen-turnamen bulu tangkis serupa di dunia.

Pada kesempatan yang sama PBSI juga menyampaikan beberapa perubahan dalam pelaksanaan turnamen yang disponsori oleh PT Bank Central Asia Tbk dan didukung oleh Djarum Foundation tersebut. Perubahan pertama adalah lokasi turnamen.

BCA Indonesia Open 2017 akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Senayan karena Istora Senayan tengah direnovasi. Lokasi pelaksanaan yang berbeda berdampak pada lebih sedikitnya jumlah lapangan yang akan digunakan dan jumlah kursi penonton. Oleh karena itu waktu pelaksanaan turnamen yang biasanya hanya enam  hari akan diperpanjang menjadi tujuh hari.

Perubahan kedua adalah pada target raihan gelar juara. Tahun ini PBSI menargetkan untuk meraih satu gelar juara di nomor ganda putra. Sejak tahun 2013, gelar juara memang belum pernah lagi didapatkan oleh Indonesia pada ajang ini. Untuk itu, PBSI menaruh harapan pada duo Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Feraldi Gideon untuk meraih target tersebut.

PBSI juga menyebut beberapa nama yang diunggulkan, yaitu Anthony Sinisuka Ginting, Jonathan Christie, dan Ihsan Maulana Mustofa untuk nomor tunggal putra, serta Ricky Karanda Suwardi/Angga Pratama di nomor ganda putra.