0
Kilas daerah

Siap-siap... "Direct Flight" Jakarta-Banyuwangi Hadir 16 Juni!

Kompas.com - 05/06/2017, 16:24 WIB

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Penerbangan langsung (direct flight) rute Jakarta - Banyuwangi akan dimulai pekan depan, tepatnya pada 16 Juni 2017. Maskapai yang melayani rute ini adalah Nam Air, anak perusahaan penerbangan Sriwijaya Air.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut baik rencana yang akan segera terealisasi itu. Anas mengaku bersyukur akhirnya rute penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi benar-benar menjadi kenyataan.

Terlebih, menurut Anas, penerbangan itu dimulai bertepatan dengan momentum Ramadhan dan jelang lebaran tahun ini, yaitu saat banyak orang akan pulang ke kampung halaman untuk mudik lebaran.

"Tahun ini pemudik Banyuwangi mudik akan lebih tersenyum, karena ada penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi. Jadi, pada lebaran tahun ini ada sesuatu yang lebih spesial, yaitu penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi," ujar Anas, Sabtu (3/6/2017).

Anas bahkan sudah mempromosikan penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi saat Safari Ramadhan dari masjid ke masjid. Dia memaparkan informasi penerbangan langsung itu diselingi dengan canda kepada jamaah yang hadir.

"Bapak atau ibu yang belum pernah naik pesawat, nanti tanggal 16 Juni akan ada penerbangan Jakarta-Banyuwangi dan sebaliknya. Jadi, kalau warga Banyuwangi mau ke Jakarta dan berpindah ke kota lain akan lebih mudah," kata Anas.

Penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi dinilai menjadi sebuah prestasi oleh Anas. Sebab, daerah di sekitar Banyuwangi belum ada yang mampu melakukannya, kendati sudah ada bandara. Oleh karena itu, dia menilai hal ini sebagai sesuatu yang harus disambut dengan gembira.

Sementara itu, pihak Nam Air sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi pada awal Mei lalu. Mereka datang untuk untuk menjalin komunikasi secara langsung terkait rencana tersebut.

Baca: Sriwijaya Air Siap Membuka Penerbangan Jakarta-Banyuwangi

Pihak Sriwijaya Air Grup diwakili oleh Kepala Operasional Nam Air, Kapten Daniel Adhitya, serta Manajer Daerah Surabaya, Hendrik Ardiansyah. Sementara pihak Banyuwangi dihadiri langsung oleh Wakil Bupati, Yusuf Widyatmoko.

Manajer Sriwijaya Air Grup Wilayah Surabaya, Hendrik Ardiansyah menyampaikan bahwa salah satu pertimbangan membuka rute ini karena potensi daerah sekitar Banyuwangi yang juga belum digarap.

Selain itu, dia menilai bahwa Banyuwangi memiliki banyak keberhasilan di berbagai sektor yang akan mengundang banyak pihak masuk ke Banyuwangi. Sebutlah misalnya, instansi pemerintahan yang mengadakan studi banding, atau pertemuan BUMN atau swasta yang lebih sering diadakan di Banyuwangi.

"Kami melihat potensi pasar yang baik di Banyuwangi. Kami optimistis rute ini akan mampu menyerap pasar dengan baik. Kami juga mempertimbangkan keberadaan daerah di sekitar Banyuwangi yang pasarnya akan ikut terserap dengan adanya rute penerbangan langsung ini," kata Hendrik.

Pesawat yang rencananya akan melayani rute langsung ini adalah Boeing 737-500 dengan kapasitas penumpang berjumlah 120 orang. Rinciannya adalah 8 kursi untuk penumpang bisnis dan sisanya untuk kelas ekonomi.

Penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi akan ditempuh selama 1,5 jam perjalanan. Jadwal penerbangan Jakarta-Banyuwangi akan tersedia pada pukul 07.00 WIB, sedangkan penerbangan Banyuwangi-Jakarta tersedia pada pukul 09.05 WIB.

Baca tentang
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.