Advertorial

Tempat Terbaik untuk Menjumpai Koala dan Satwa Liar Lainnya di Australia

Kompas.com - 08/06/2017, 13:10 WIB
- -

Koala dan kangguru, dua fauna ini sering jadi “model” di kaus atau topi oleh-oleh dari Australia. Sebenarnya, hewan-hewan menggemaskan ini tidak hanya bisa ditemui di cinderamata. Jika Anda punya kesempatan untuk berlibur ke Australia, Anda bisa menemui dan berinteraksi langsung dengan mereka.

Australia punya sejumlah tempat yang asyik untuk mengenal satwa liar. Bahkan, di beberapa suaka margasatwa, Anda diperbolehkan memeluk koala secara langsung! Jelas, ini akan menjadi pengalaman unik dan menyenangkan seumur hidup Anda.

Lalu, mana saja lokasi wisata terbaik di Australia untuk berinteraksi dengan satwa liar? Mari intip satu per satu.

Memeluk koala di Currumbin Wildlife Sanctuary

Sebagai informasi, tidak semua wilayah di Australia memperbolehkan wisatawan memeluk koala. Hanya tiga negara bagian yang melegalkan hal ini, yakni Queensland, Australia Selatan, dan Australia Barat.

Salah satu lokasi favorit untuk memeluk koala adalah di Currumbin Wildlife Sanctuary, Gold Coast, Queensland, Australia. Di sana ada booth khusus yang memperbolehkan pengunjung berpose sambil menggendong koala.

Memeluk koala tak bisa sembarangan. Di taman suaka margasatwa tersebut, ada pemandu yang mengarahkan pengunjung membuat posisi tangan yang aman untuk memegang koala, agar mereka tidak jatuh. Karena harus dilakukan dengan benar dan aman, maka hanya orang dewasa yang boleh melakukan aktivitas ini.

Selepas dari sana, Anda akan membawa pulang pengalaman yang tidak terlupakan, plus foto yang cantik untuk diunggah ke Instagram.

Menangkap dan menyantap kepiting bersama Catch a Crab

Di Queensland, masih ada satu aktivitas bertemu satwa liar yang seru dan wajib dicoba, yaitu menangkap kepiting besar lalu menyantapnya. Aktivitas wisata ini disebut Catch a Crab dan dilakukan di daerah muara sungai Terranora Creek, Gold Coast, Queensland.

Pada aktivitas ini, pengunjung diajak naik kapal berkapasitas 50 orang untuk menuju lokasi pemancingan. Mereka menggunakan udang sebagai umpan untuk memancing para kepiting. Alat pemancingnya berupa keranjang perangkap yang sudah diberi umpan udang dan telah dibiarkan pada malam sebelumnya.

Nah, dalam perjalanan itu, wisatawan tinggal menarik kerambanya. Dalam perangkap itu bisa ada satu sampai tiga ekor kepiting besar. Selanjutnya, kepiting itu akan dimasak sebagai hidangan buat para wisatawan.

Temukan tasmanian devil di Sydney Wildlife World

Kota-kota di negara bagian lain di Australia juga punya aktivitas seru bersama satwa liar. Di Sydney, New South Wales misalnya, ada kebun binatang Sydney Wildlife World, di mana Anda bisa melihat tasmanian devil lebih dekat.

Hewan berbulu hitam, berbadan kekar dan berotot ini memang tampak sedikit garang. Namun, tak ada salahnya untuk melihatnya langsung, sekadar untuk mengenal binatang yang tinggal di pulau Tasmania ini lebih dekat. Sydney Wildlife World menyediakan The Devil’s Den, yakni rumah bagi dua tasmanian devil.

Di Sydney Wildlife World, wisatawan juga dapat melihat kangguru dan koala yang menggemaskan. Namun, bedanya di sana Anda tak diperbolehkan memeluk koala layaknya di Currumbin Wildlife Sanctuary, Gold Coast, Queensland. Biar begitu, Anda dapat menyaksikan aktivitas sekelompok koala dan kangguru di pepohonan atau rerumputan.

Mengintip kehidupan laut di Sydney Sea Life

Tak jauh dari Sydney Wildlife World, ada Sydney Sea Life, sebuah akuarium raksasa tempat wisatawan melihat kehidupan laut yang mengagumkan. Dari akuarium besar, wisatawan dapat melihat aneka jenis ikan, seperti hiu karpet, hiu putih, ikan pari, selain itu juga penyu dan ubur-ubur.

Di Sydney Sea Life, ada beberapa jenis akuarium yang terdiri dari berbagai macam ukuran. Ada akuarium jumbo maupun kecil. Bukan hanya bisa melihat makhluk laut berlalu-lalang, di setiap aquarium terdapat informasi lengkap mengenai jenis ikan di dalamnya.

Ingin lihat penguin? Melbourne Aquarium Tempatnya

-

Kota Melbourne di negara bagian Victoria, Australia, juga punya tempat yang apik untuk melihat kehidupan biota laut. Melbourne Aquarium namanya.

Anda bisa terpukau memandang biota laut dari Samudra Belahan Selatan dan Antartika. Wisatawan bisa memulai petualangan di akuarium ini dengan melihat penguin Antartika, kuda laut, hiu, pari, dan penyu.

Bila sudah terlanjur membayangkan serunya “berkenalan” dengan satwa khas Australia, itu tandanya Anda perlu segera menyusun rencana perjalanan ke sana. Untuk menikmati perjalanan liburan di Australia yang tertata dan sempurna,  Anda bisa memilih menggunakan biro jasa perjalanan yang terpercaya.

Golden Rama Tours & Travel misalnya, mengajak Anda yang ingin merasakan serunya berinteraksi dengan satwa liar untuk ikut paket wisata ke Melbourne dan Sydney, Australia. Dalam perjalanan selama enam hari tersebut, Melbourne Aquarium, Sydney Sea Life, dan Sydney Wildlife World, termasuk dalam destinasi yang dituju.

"Di dalam perjalanan wisata yang kami kemas, kami selalu hadirkan pengalaman yang terbaik. Termasuk dalam menjelajahi wisata alam atau mengenal satwa liar yang menjadi identitas sebuah destinasi, kami memilih lokasi yang tepat untuk mengenal satwa tersebut. Ditambah dengan pengalaman sejak 1971, kami dapat memastikan para pelancong akan mengunjungi lokasi yang sesuai untuk melihat fauna tersebut lebih dekat. Perjalanan seperti ini merupakan pilihan yang tepat apabila konsumen ingin berwisata dengan keluarga," ujar Head of Marketing Communication Ricky Hilton.

Paket wisata ke Melbourne dan Sydney, Australia bersama Golden Rama ini dimulai pada tanggal 2-7 Juli 2017. Tidak hanya memandu ke destinasi impian, Golden Rama juga menyediakan pelayanan wisata terpadu, mencakup akomodasi dan transportasi yang nyaman buat konsumen. Golden Rama Tours & Travel hadir sebagai pintu gerbang Anda menuju destinasi yang luar biasa.

Ingin lihat rincian rencana perjalanan di Melbourne dan Sydney, Australia bersama Golden Rama? Klik tautan ini.