Advertorial

Ketahui Bedanya Kanker Usus Besar dan Wasir!

Kompas.com - 09/06/2017, 13:00 WIB
- --

Banyak penyakit yang memiliki gejala yang hampir mirip di stadium awal, sehingga sulit untuk membedakannya. Tentu saja ini berdampak pada kondisi psikologis seseorang, pasti mereka hanya berpikir ini hanya masalah kecil dan tidak akan terpikir bahwa ini adalah kanker. Para Ahli menunjukkan bahwa meskipun demikian, kita tidak boleh sembarangan dalam menghadapinya. Seperti halnya wasir dan kanker usus besar, kedua penyakit ini memiliki gejala yang sangat mirip, jangan sampai kita menjalani pengobatan yang salah. Bagaimana membedakan gejala keduanya? 

Pertama, BAB berdarah. Fenomena ini biasa terjadi dengan bawaan darah segar, setelah selesai BAB akan muncul tetesan-tetesan darah, beberapa pasien wasir bahkan merasa ini bukanlah hal yang serius. Sedangkan jika warna BAB gelap, biasanya darah sudah bercampur pada tinja. Perbedaan pada gejala ini cukup jelas, sehingga sangat mudah dibedakan, apakah wasir atau kanker usus besar. 

Kedua, melakukan pemeriksaan dubur. Jika teraba benjolan kecil oleh jari, itu adalah wasir. Jika teraba benjolan atau ulkus yang keras dan biasanya mirip lubang, maka kemungkinan besar adalah kanker usus besar. 

Ketiga, usia. Kanker usus besar biasanya dialami oleh orang lanjut usia, sekitar usia 40-60 tahun. Sedangkan wasir tidak ada batasan umur, usia muda maupun tua memiliki kecenderungan terkena wasir. 

Meskipun bahaya wasir tidak sebesar kanker usus besar, tapi kita juga tetap harus waspada terhadap wasir, meskipun kecil wasir dapat menyebabkan luka dan rasa nyeri. Dan untuk mencegah kanker usus besar, pencegahan dan diagnosis yang akurat sangatlah penting. Lakukan pemeriksaan yang sesuai dan konsultasikan hasil pemeriksaan Anda ke dokter yang professional. Konsultasi sekarang >>

Baca tentang