Advertorial

Atasi Sembelit Pasca Kemoterapi Pada Pasien Kanker Lambung

Kompas.com - 12/06/2017, 15:19 WIB

Setelah menjalani kemoterapi, kekebalan tubuh pasien akan menurun drastis, sehingga menyebabkan lemahnya fungsi motilitas lambung dan menimbulkan gejala sembelit. Selain itu, pasien yang kurang bergerak dan seringmengkonsumsi makanan yang terlalu halus atau menggunakan obat-obatan penahan nyeri dapat dengan mudah terkena sembelit. Lalu, bagaimana mengatasi keluhan sembelit ini danmembantu pemulihan pasien?

1. Konsumsi madu, kenari, wijen hitam, pisang dan makanan yang dapat membantu pencernaan lainnya.

Minum air dingin atau air alkali sebanyak 200-400ml setiap hari setelah bangun tidur dan rutin memijit bagian perut setiap hari dapatmemperkuat motilitas lambung, selain itu lakukan sit-up dan pernapasan perut untuk meningkatkan kekuatan otot perut.

2. Hindari makanan berserat tinggi

Bagi pasien kanker lambung, sayuran berserat cenderung sulit dicerna, sehingga dapat mengakibatkan gejala kembung, sakit perut, bahkan bisa menyebabkan perdarahan, mual, muntah, perubahan bentuk BAB dan lain-lain. Pasien sebaiknya mengkonsumsi makanan seperti ubi jalar, jagung, sayuran segar, pisang, pir dan kenari.

3. Banyak minum air putih, minimal 2-3 litersetiap harinya

Selaindapat menambah asupan air dalam tubuh, minum air juga membantu detoksifikasi racun, serta mengurangi efeksamping akibat kemoterapi. Banyak minum air putih juga dapat membuat tinja menjadi lunak,sehingga lebih mudah dikeluarkan.

4. Pasien kanker lambung tidak boleh minum tehyang kental

Teh kental mengandung banyak asam tanat dan protein yang mengikat, dapat membuat saluran motilitas gastrointestinal melemah, memperpanjang waktu pengendapan sisa makanan, dan memperparah sembelit. Pasien sebaiknya memilih teh hijau, namun tidak boleh terlalu kental, efek antioksidan dari teh hijau sangat baik untuk pemulihan pasien.

Disamping itu, Ahli Onkologi dari St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menyarankan pasien pasca kemoterapi perlu melakukan olahraga secukupnya, terutama latihan pernapasan yang cukup, misalnya berjalan santai, taichi dan lain-lain,bisa juga denganmemijat-mijat diri sendiri. Anda juga bisa meminta bantuan keluarga atau perawat untuk melakukan gerakan ini : letakan satu telapak tangan tepat diatas pusar, gunakan jempol dan 4 jari lainnya pijit bagian perut dari kanan ke kiri sepanjang usus, ini dapat meningkatkan motilitas lambung dan melancarkan pencernaan.

Apakah Anda atau kerabat ada yang menderita kanker dan sedang mencari pengobatan medis tanpa operasi dan kemoterapi? Konsultasikan keluhan Anda di sini

Baca tentang
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.