Advertorial

Anda Menderita Kanker Paru? Perhatikan Hal ini!

Kompas.com - 22/06/2017, 11:45 WIB
- -

Banyak hal yang perlu diperhatikan oleh pasien kanker paru. Berikut beberapa saran dari Ahli Onkologi St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou yang perlu dicatat :

Berhenti merokok. Karena rokok bersifat panas, berdampak besar pada paru-paru. Organ paru pasien kanker cenderung lebih sensitif, terlebih jika ditambah dengan rokok, sehingga berhenti merokok adalah salah satu langkah terpenting. Tapi hal ini sangat sulit menyingkirkan kebiasaan yang satu ini. Merokok biasa dilakukan ketika seseorang sedang dalam kondisi tertekan, dan ketika terkena kanker paru, bukannya berhenti, mereka malah berada dalam kondisi “menyerah”. Untuk poin satu ini, diperlukan tekad dan dukungan dari orang-orang terdekat.

Menghindari debu dan daerah berpolusi. Terutama tempat-tempat industri, jika terpaksa, jangan lupa menggunakan alat pelindung seperti masker.

Berhenti menjadi perokok pasif. Yang terpenting adalah Anda perlu menjauh dari makanan yang mengandung karsinogen dan makanan yang bersifat merangsang, karena tidak sedikit makanan yang dapat menyebabkan kerusakan paru-paru.

Emosi. Mengapa? Karena emosi dapat mempengaruhi perilaku pasien, sedangkan suasana hati yang positif dapat membantu pasien melawan kanker, terlebih dalam masa pengobatan.

Apakah Anda atau kerabat ada yang menderita kanker dan sedang mencari pengobatan medis tanpa operasi dan kemoterapi? Konsultasikan keluhan Anda di sini

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.