Advertorial

Cegah Kanker dari Sekitarmu

Kompas.com - 22/06/2017, 14:30 WIB
- -

Membahas mengenai faktor kemunculan kanker, banyak orang yang akan langsung berpikir mengenai faktor genetik, lingkungan, dan pola makan yang buruk, namun hanya sedikit orang yang menyadari bahwa salah satu faktor utama kanker adalah kehidupan sehari-hari. Ahli St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menuturkan bahwakebiasaan sehari-hari merupakan salah satu penyebab kanker, ini adalah hal yang tidak dapat diabaikan.

Sandang (Pakaian)

Sebuah Asosiasi Konsumen pernah menyelidiki sejumlah merek pakaian, 36% pakaian baru mengandung formaldehida (formalin) yang bisa memudar. Saat membeli pakaian baru, baik itu pakaian dalam atau luar, sebaiknya dicuci bersih terlebih dahulu. Karena proses jahit dan pewarnaan akan meninggalkan banyak zat berbahaya, yang jika terkena kulit bisa menimbulkan alergi, gatal-gatal, dermatitis dan berbagai masalah kulit lainnya, termasuk kanker.

Selain itu, pakaian yang longgar ternyata lebih baik. Memakai pakaian yang cenderung ketat dapat menekan kulit dan mempengaruhi sirkulasi darah pada kulit, sehingga menimbulkan masalah sekresi keringat. Pada wanita, memakai pakaian dalam yang terlalu ketattidaklah baik untuk kesehatan tubuh, parahnya dapat meningkatkan risiko kanker payudara .

Pangan (Makanan)

Dari seluruh jenis elemen yang terdapat pada makanan, lemak lah yang berkaitan paling erat dengan kanker, terutama kanker usus dan lambung. Oleh karena itu,sebaiknya kita mengurangi asupan makanan berlemak, misalnya mengganti daging berlemak dengan kacang kedelai danmemilih susu yang rendah lemak.

Hindari makanan yang mengandung rasa atau kandungan yang tinggi, misalnya lemak, garam,atau gula. Jenis makanan ini paling disukai oleh kanker. Usahakan untuk mengkonsumsi “makanan segar”, seperti biji-bijian. Makan secara perlahan juga dapat mengurangi risiko kanker lambung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Papan (Tempat Tinggal)

Survei menunjukkan bahwa, benzena dan formaldehida adalah dua jenis zat dalam ruangan yang menjadi penyebab kanker; benzena umumnya terdapat pada cat dinding, dibutuhkan 1-2 bulan sampai gas tersebut menguap; sedangkan formaldehida banyak terdapat pada perabot rumah tangga, biasanya dibutuhkan hingga lebih dari 10 tahun untuk menghilangkan kandungan ini. Saat membeli perabotan rumah tangga, pilihlah perabot yang tidak berbau, atau setidaknya memiliki bau yang tidak terlalu menyengat.

Aktivitas

Setiap hari setelah makan, biasakan untuk berjalan/jogging selama 30 menit, cara ini efektif mengurangi risiko kanker payudara. Jika Anda terbiasa untuk joggingselama 1 jam, Anda dapat mengurangi risiko kanker kolorektal hinggal 50%. Karena saat berjalan, keringat yang keluar dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh, serta mengurangi risiko kanker. Selain itu, terkena sinar matahari saat jogging juga dapat menambah asupan Vitamin D dalam tubuh, yang dapat mengurangi risiko kanker usus besar, kanker ovarium dan kanker lambung. Namun, jangan lakukan aktivitas ini di siang hari, karenadapat menyebabkan kanker kulit

Anda memiliki keluhan kesehatan? Konsultasikan keluhan Anda bersama Ahlinya di sini

Baca tentang
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.