Advertorial

Tipe Motor Apa Yang Cocok untuk Dibawa Mudik?

Kompas.com - 07/07/2017, 17:13 WIB

Pertanyaan tentang tipe motor apa yang cocok untuk dibawa mudik mungkin masih menjadi perdebatan sampai saat ini. Ada yang mengklaim bahwa motor jenis touring adalah motor yang cocok untuk dibawa mudik. Namun tidak sedikit juga yang mengklaim bahwa menggunakan motor bebek dan matik lebih cocok untuk mudik.

Memang kondisi dan medan yang ditempuh pada arus mudik berbeda dari bisanya. Jarak yang ditempuh sangat jauh sampai ratusan kilometer. Faktor jarak Ini tentu saja merupakan hal yang menjadi keunggulannya motor touring. Ciri khas motor ini memang dirancang untuk menempuh jarak yang jauh, yaitu dengan perpaduan tenaga yang besar dan stabil ketika dibawa pada kecepatan tinggi.

Akan tetapi, kondisi jalanan yang padat sepanjang arus mudik menjadi argumen atas klaim motor bebek atau matik jadi lebih cocok. Kondisi jalanan yang padat mengharuskan pengendara untuk menarik gas dan melakukan pengereman sepanjang perjalanan. Ini tentu saja menjadi expertise-nya motor bebek dan matik yang memang lebih dikenal dengan motor kota.

Lantas, tipe motor seperti apakah yang cocok dipakai untuk mudik? Kalau melihat dari medan dan kondisi yang ditempuh pada perjalanan mudik, sebetulnya bisa disimpulkan tipe motor yang cocok adalah motor yang nyaman untuk dipakai dalam perjalanan jauh tetapi juga nyaman dipakai untuk aktivitas harian.

Salah satu pabrikan motor yang peruntukannya relevan dengan kebutuhan mudik adalah yaitu Vixion, motor legendaris keluaran Yamaha yang sudah satu dekade ini menjadi motor terlaris di kelasnya. Seri terbarunya, All New Vixion dan All New Vixion R juga masih mengusung konsep motor yang sama dengan pendahulunya, yaitu nyaman digunakan untuk aktivitas harian sampai perjalanan jauh. Tetapi tentu saja dengan berbagai peningkatan teknologi.

Dengan membedah karakteristik All New Vixion, bisa di simpulkan motor yang cocok untuk mudik adalah motor yang memiliki kriteria sebagai berikut:

1. Riding position yang nyaman untuk berkendara pada waktu yang lama

Riding position atau posisi berkendara biasanya dipengaruhi dari rangka motor itu sendiri. Karena itu, posisi berkendara biasanya sudah ditentukan dari awal pabrikan motor merancang keunggulan motor tersebut untuk apa.

Untuk motor yang keunggulannya dirancang untuk kecepatan, biasanya posisi berkendaranya dibuat condong ke depan agar pengendara dapat mengendalikan motor lebih baik. Akan tetapi, untuk perjalanan jauh dan padat, posisi berkendara ini bisa sangat melelahkan.

Sedangkan motor dengan posisi berkendara yang dibuat lebih tegak akan membuat akan lebih nyaman untuk berkendara pada waktu yang lama. Tentu saja motor posisi berkendara seperti ini yang dibutuhkan untuk perjalanan mudik.

2. Handling yang nyaman

Kondisi jalanan yang macet dan berbelok-belok pada jalur mudik membutuhkan tipe motor yang bertenaga dan responsif. All New Vixion sendiri menggunakan mesin 150cc LC4V ditambah dengan fitur assist & slipper clutch untuk membuat pengoperasian kopling menjadi lebih ringan, perpindahan gigi lebih halus, dan akselerasi semakin cepat.

Tidak hanya itu rangka Deltabox pada All New Vixion menawarkan kesempurnaan bermanuver. Ditambah dengan suspensi monocross semakin menunjang kestabilan dalam berkendara.

Pada bagian pengeremannya, motor ini menjanjikan pengereman yang optimal karena dilengkapi cakram pada roda depan dan belakang.

3. Ground clearence yang tinggi

Jalanan yang dilalui selama perjalanan mudik tentu saja tidak sama dengan jalanan perkotaan yang biasa dilalui sehari-hari. Mungkin saja sepanjang perjalanan tersebut pengendara akan melalui jalanan yang tidak rata, berbatu, bahkan rusak.

Tentu saja motor dengan ground clearence, atau jarak antara jalanan dengan badan motor yang lebih tinggi akan lebih memudahkan pengendara melalui medan tersebut.

4. Diameter roda yang besar

Prinsipnya sama dengan ground clearence. Motor dengan diameter roda yang lebih besar akan memudahkan pengendara melalui jalanan yang tidak rata, berbatu, bahkan rusak.

5. Fitur-fitur penunjang

Selain 4 hal sebelumnya yang berkaitan erat dengan keselamatan berkendara, untuk perjalanan mudik ini fitur-fitur lainnya yang menunjang kenyamanan pengendara tentunya juga menjadi penting.

Fitur-fitur penunjang yang terdapat pada All New Vixion seperti jalur kabel pendukung USB charger yang berguna membantu mengisi daya gawai pengendara, removable mud guard yang melindungi  pengendara dari cipratan air saat berkendara di jalan basah atau di kondisi hujan, sampai pass beam yang praktis memberi tanda lampu jauh kepada pengendara lain

Nah untuk Anda yang berencana mudik menggunakan motor, sudahkah tipe motor yang Anda gunakan memiliki karakteristik seperti All New Vixion?

Namun dari semua itu, yang haru Anda ingat adalah jangan membawa penumpang dan barang melebihi dari kapasitas sepeda motor: satu orang penumpang dan sedikit barang. Kemudian berkendaralah dengan hati-hati.

Untuk info lebih lanjut, silakan klik di sini. (Adv) 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com