Advertorial

Ini Cara BI Permudah Transaksi dengan Uang Elektronik

Kompas.com - 10/07/2017, 11:30 WIB

Untuk mempermudah transaksi non-tunai, khususnya di jalan tol, beberapa waktu lalu, Bank Indonesia (BI) berupaya mengintegrasikan uang elektronik dari berbagai bank dan penerbit yang berbeda.

Upaya tersebut sudah dijalankan dengan melakukan uji coba integrasi uang elektronik di ruas jalan tol yang menghubungkan Surabaya dan Sidoarjo.Uji coba selanjutnya dilakukan di gerbang Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Lalu, bagaimana cara BI mengintegrasikan uang elektronik antarbank? Pilihan caranya dengan penggunaan kartu hibrida atau penggabungan. Namun, cara tersebut hanya bisa dilakukan apabila penggabungan infrastruktur teknis alat pembayaran direalisasikan secara cepat.

Penggabungan ini masih dalam proses, namun salah satu bank penerbit alat pembayaran Flazz di Tol Cipali, PT Bank Central Asia Tbk (BCA), menyambut baik upaya integrasi tersebut.

Dikutip dari Smart-money.co,  Direktur BCA Santoso beberapa waktu lalu menyatakan sudah mempersilakan bank lain berintegrasi untuk sistem pembayaran di ruas tol tersebut.

“Di Cipali dan Gresik, kami sudah  mengundang bank-bank lain untuk integrasi. Untuk tol lain yang dikelola Bank Mandiri memang harus diskusi dulu karena selama ini Mandiri punya kerja sama khusus dengan Bank BUMN lain dan Jasa Marga,” tutur Santoso.

Sumber: Smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com