Advertorial

Tahun Ajaran Baru, Siapkan Cara “Kekinian” untuk Bantu Anak Raih Prestasi

Kompas.com - 25/07/2017, 18:05 WIB

Memulai tahun ajaran baru, orangtua harus punya cara mendukung anak agar punya semangat belajar yang penuh. Tujuannya, supaya anak-anak sukses menambah kemampuan baru, bahkan mungkin mencetak prestasi di sekolah.

Wajar bila di tengah perjalanan menempuh pendidikan di sekolah, semangat si buah hati menurun. Bisa jadi karena jenuh atau kesulitan mengikuti mata pelajaran yang sulit di sekolah.

Oleh sebab itu, orangtua harus punya cara “kekinian” untuk mendidik anak di rumah, yang membuat sesi belajar tak pernah terasa membosankan. Dengan cara yang kreatif, anak-anak bakal lebih mudah menyerap dan mengingat ilmu pelajaran, plus punya semangat baru untuk belajar di sekolah.

Lantas, seperti apa cara “kekinian” untuk mendampingi mereka belajar? Pergunakanlah perangkat teknologi yang ada, seperti komputer, laptop, ponsel pintar, dan printer untuk mencetak berbagai peralatan dan materi pendukung pelajaran.  Berikut contohnya:

Cetak gambar dari gawai mereka

Anak-anak sekarang begitu “lengket” dengan gawai alias gadget mereka. Generasi ini cenderung suka melakukan segala aktivitas, misalnya belajar bahasa Inggris, melalui ponsel pintar atau tablet.

Manfaatkanlah hal itu untuk membuat metode belajar yang lebih seru. Orangtua bisa mencetak kata-kata bahasa Inggris dengan gambar-gambar yang mewakilinya menjadi kartu. Istilah populer dari metode ini adalah Flash Card.

Dengan Flash Card, orangtua bisa menciptakan permainan. Caranya, tebarkan kartu tersebut di meja, sebut satu kata dalam bahasa Indonesia, lalu minta anak menunjuk kartu yang bertuliskan terjemahan bahasa Inggrisnya.  

Tenang saja, cara ini tak akan repot. Dengan catatan, gunakan printer nirkabelyang bisa langsung terkoneksi dengan ponsel atau tablet.

- -

Dekorasi kamar atau ruang belajar

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mendekorasi kamar atau ruang belajar sang anak. Ajak si kecil berkreasi dengan menempelkan gambar-gambar penting dan menarik dari buku pelajarannya. Misalnya, peta Indonesia atau dunia.

Caranya, scan peta tersebut. Bila desain di buku pelajaran kurang menarik, orangtua bisa menambahkan warna atau ornamen lain. Lalu, cetak peta tersebut dengan printer yang menghasilkan warna dan kualitas gambar terbaik. Kemudian, tempel peta tersebut di dinding. Lakukan hal yang sama untuk materi pembelajaran lainnya, misalnya mengenal flora dan fauna.

Metode belajar yang menyenangkan bisa dilakukan bila orangtua kreatif mengolah materi dan bahan pelajaran. Manfaatkan segala perangkat teknologi di rumah, salah satunya printer nirkabelHP DeskJet Ink Advantage 3775 (DeskJet IA 3775). Mengapa harus printer ini?

Pertama, HP DeskJet Ink Advantage 3775 sangat mudah digunakan karena dapat terkoneksi dengan ponsel pintar, tablet, maupun PC. Proses mencetak amat praktis, bisa diatur langsung, bahkan dari ponsel dan tablet sekalipun.

HP DeskJet Ink Advantage 3775 merupakan printer multifungsi yang tak sekadar berfungsi untuk mencetak dari perangkat mobile, tetapi juga scan dan copy. Tentu saja fitur ini juga dapat dimanfaatkan anak-anak, misalnya untuk fotokopi catatan pelajaran dari sekolah.

Kedua, HP DeskJet Ink Advantage 3775 menjanjikan kualitas gambar dan warna terbaik untuk mencetak tugas atau materi pelajaran buat anak-anak, sebab menggunakan tinta HP asli yang anti-pudar dan tahan lama.

Ketiga, ukuran printer ini mungil meskipun kaya akan fungsi. Tak perlu khawatir ruang jadi sempit, sebab desainnya simpel dan dapat diletakkan di manapun.

Sudah siap berkreasi dengan printer HP untuk belajar bersama anak dengan metode yang menyenangkan? Selamat mencoba!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com