Advertorial

Avanza Sanggup Bermanuver Lincah di Jalan Indonesia

Kompas.com - 28/07/2017, 20:30 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Selain kelebihannya soal penggerak roda belakang dan dimensi yang kompak dan ideal, low multi purpose vehicle (LMPV) Toyota Avanza juga punya radius putar (RP) yang pas untuk jalanan Indonesia yang umumnya tidak begitu lebar.

Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, semakin kecil RP, mobil semakin mudah digunakan, terutama di jalanan Indonesia. Seperti misalnya ketika akan berputar balik di sebuah jalan, bisa hanya dilakukan dengan sekali jalan, tidak perlu maju dan mundur.

“Di kelasnya Avanza memiliki radius putar paling kecil atau 4,7 meter, di mana rata-rata lainnya di atas 5 meter,” ujar Iwan, Jumat (28/7/2017).

Kendaraan yang sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia adalah kendaaan yang mampu bermanuver lincah ketika melewati beragam kondisi jalan, termasuk ketika ingin memutarkan mobilnya pada jalan dengan lebar terbatas.

Oleh karena itu, dibutuhkan kendaraan radius putar ideal guna memenuhi tuntutan tersebut. Iwan melanjutkan, kalau radius putar dihitung dari posisi bodi mobil terjauh, misalnya ujung bumper mobil, ketika dia bergerak membuat lingkaran, saat mobil berputar balik arah.

Dengan radius putar 4,7 meter, Avanza menjadi lebih praktis dipakai di beragam rute dengan kondisi jalan yang sempit.Tak hanya memudahkan saat berkendara, radius putar kecil juga memudahkan ketika harus bermanuver parkir di tempat yang ruang geraknya terbatas.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com