Advertorial

Bosan dengan Jalanan Ibu Kota? Bawa Motormu ke Jalanan “Adventure” Ini

Kompas.com - 04/08/2017, 15:21 WIB

Bagi Anda pengendara motor di perkotaan, jalanan adalah salah satu variabel yang selalu sukses dalam meningkatkan tingkat stres seseorang. Wajar saja, karena hal yang selalu dilihat adalah jalanan aspal berdebu dan kemacetan.

Apalagi pada jam-jam sibuk di saat matahari sedang terik-teriknya. Selain itu, kepulan asap hitam dari metromini yang berkendara dengan ugal-ugalan juga semakin menambah “penderitaan” para pengendara motor.

Kalau Anda sudah jenuh dengan jalanan tersebut, ada baiknya Anda memacu motor Anda di jalanan yang lain, yaitu di jalanan yang penuh “petualangan”. Berbeda dengan jalanan perkotaan yang terbuat dari aspal, jalanan yang dimaksud ini beragam. Mulai dari tanah kering, tanah basah, bebatuan, sampai jalanan yang dilalui air mengalir.

Ya ini adalah jalanan yang menjadi makanannya para pencinta olahraga Motorcross atau Trail Adventure, yaitu jalanan offroad di alam bebas. Dapat dipastikan dengan memacu motor Anda di medan seperti ini, kejenuhan yang menumpuk dari jalanan perkotaan akan hilang dalam seketika.

Untuk Anda yang berdomisili di sekitaran ibu kota, Anda bisa mencoba berbagai pilihan jalur yang ada di Bukit Hambalang, Sentul. Area ini memang menjadi langganan para pencinta Trail Adventure. Sedangkan untuk daerah Bandung ada Bukit Moko yang tidak kalah menarik untuk dicoba.

Tidak selalu perlu motor khusus trail

Trail Adventure memang tergolong olahraga ekstrem. Berat, penuh tantangan, perlu perlengkapan yang memadai, dan yang paling penting, memerlukan motor khusus untuk medan offroad.

Motor tersebut juga dikenal dengan motor trail dengan ciri-ciri ban pacul, ground clearence yang tinggi, dan suspensi roda yang panjang. Kesemuanya itu memang menunjang untuk melewati jalanan offroad

Anggapannya, motor onroad atau motor kota tidak akan bisa melalui medan offroad. Sehingga untuk menjajal medan offroad, hal utama yang harus disediakan adalah motor trail-nya terlebih dahulu. Namun anggapan itu dibantah oleh Yamaha. Dengan produknya, Yamaha Xride, pabrikan dengan logo garpu tala ini telah berulang kali menaklukkan berbagai rute di Bukit Hambalang.

- -

Padahal sama seperti motor matik lainnya, Yamaha Xride adalah motor matik yang nyaman digunakan untuk di perkotaan. Tetapi ketika handel gas di putar di medan offroad, kekuatan dan performa offroad dari motor ini akan keluar.

Tetapi tentu saja, walaupun Yamaha Xride sudah mumpuni untuk dipacu di medan offroad, ada berbagai perlengkapan yang tetap tidak boleh Anda lupakan. Seperti menggunakan ban khusus offroad yakni ban pacul sampai perlengkapan pelindung khusus Trail Adventure.

Selain perlengkapan, Anda juga membutuhkan tim untuk melalui medan tersebut. Tim ini yang akan saling menjaga ketika Anda terjadi masalah di sepanjang perjalanan seperti motor mati.

Kemudian harap di ingat juga apabila Anda adalah pemula di olahraga ini, pilihlah jalur yang memang untuk pemula. Ingat Trail Adventure adalah olahraga ekstrem yang berat dan penuh tantangan. Namun dapat dipastikan kalau Anda tidak akan menyesal setelah melewatinya.

Yuk geber Yamaha Xride Anda di alam bebas!

Cari informasi lebih lanjut tentang seri terbaru dari Yamaha All New Xride hanya di sini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com