Advertorial

Forever 21, Buah Kerja Keras Pria yang Tadinya Bahkan Tak Bisa Bahasa Inggris

Kompas.com - 07/08/2017, 14:33 WIB
- -

Beberapa pasang pakaian bermerek Forever 21 mungkin kini tersimpan di lemari dan Anda kenakan sehari-hari. Atau jika tak punya pun, setidaknya Anda pasti pernah melihat bagaimana toko Forever 21 di berbagai mal diserbu para pecinta fashion.

Model pakaian yang stylish, kekinian, dan harga yang cukup terjangkau, membuat merek Forever 21 populer dan begitu digemari anak-anak muda Amerika Serikat (AS) dan berbagai negara lainnya, termasuk Indonesia. Punya daya tarik tersendiri,  toko Forever 21 sukses berdiri dan akhirnya kini tersebar di 48 negara. Namun, tahukah Anda, bahwa ritel fashion ini ternyata bisa berdiri karena kerja keras seorang pria dan istrinya yang bahkan dulunya tak bisa bicara bahasa Inggris?

Do Won Chan, pemilik sekaligus CEO Forever 21 memulainya saat ia dan istrinya memutuskan pindah ke AS pada tahun 1981. Langkah ditempuh pria asal Korea Selatan ini untuk mengejar mimpi. Namun kendalanya, pasangan suami istri itu bukan lulusan perguruan tinggi dan tak lancar berbahasa Inggris.

Akhirnya, untuk tetap mewujudkan mimpi, Do Won Chang harus bekerja selama 19 jam dalam sehari di beberapa tempat sekaligus, sebagai penjual kopi sampai petugas pom bensin.

Semua itu mereka lakukan secara giat, hingga akhirnya bisa mengumpulkan uang sebesar Rp 146 juta. Dari dana yang terkumpul tersebut, pasangan suami-istri ini akhirnya membuka toko pakaian dengan label Fashion 21.

Pada tahun pertama buka, tokonya mampu mendapatkan keuntungan hingga Rp 9,3 milliar. Rahasia keberhasilannya adalah, ia membeli secara wholesale dan mendapatkan barang-barang langsung dari perusahaan manufaktur dengan diskon besar.

Setelah berhasil pada tahun pertama, mereka membuka cabang tiap 6 bulan sekali dan berganti nama menjadi Forever 21. Saat ini pun Do Won dan istrinya memiliki 43 ribu karyawan di 790 toko yang tersebar di 48 negara.

Mereka kini tercatat sebagai orang terkaya nomor 222 di Amerika, dari 400 orang terkaya versi Forbes. Kekayaan bersih yang mereka miliki adalah sebesar 3 miliar dollar AS.

Sumber: Smart-money.co