Advertorial

Penilaian Mesin untuk Mobil Keluarga, Irit dan Bertenaga

Kompas.com - 07/08/2017, 20:30 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Produk mobil multi guna saat ini cukup beragam di pasar.  Bagi sebagian masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah-wilayah kepulauan dan diluar pulau Jawa, penilaia memilih kendaraan bisa beragam.

Salah satunya adalah mesin yang bertenaga namun tetap irit bahan bakar. Pengguna mobil yang kerap bepergian untuk beragam keperluan, akan bertemu kondisi jalan yang membutuhkan performa mesin mumpuni.

“Saya pertama lihat pasti mesinnya. Dia harus bertenaga, juga irit. Perjalanan di wilayah Manado banyak perbukitan, mobil harus bisa menanjak dengan membawa beban serta tetap irit,” ucap Lody salah satu pengguna Avanza di Manado.

-- -


Toyota Avanza dibekali dua pilihan mesin, 1.5L dan 1.3L berteknologi Dual VVT-I. Teknologi Dual VVT-i, ,mampu mengatur bukaan klep secara penuh dan bekerja maksimal dengan menyesuaikan temperatur mesin. Ketika mesin sudah mencapai suhu optimal, bukaan klep exhaust dapat disesuaikan dengan bukaan mesin, sehingga pembakaran lebih optimal.

Pengaturan ini dibantu oleh otak komputer atau ECU (electric control unit) yang menyesuaikan kecepatan mesin saat bekerja, volume udara masuk, posisi ekselerator dan temperature air. Berbagai sensor akan memberikan informasi agar valve timing bekerja optimal.

Ini dibuktikan Lody saat berkendara ke luar kota dari Manado. “Sampai saya kembali lagi ke Manado, saya tidak mampir ke stasiun pengisian bahan bakar. Bukti asli, kalau (Avanaz) irit dan bertenaga, makanya saya yang sudah menggunakan sejak awal 2004 memutuskan kembali membeli di 2010,” ucap Lody.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com