Advertorial

Ini Kelebihan Teknologi Dual VVT-i Milik Avanza dan Veloz

Kompas.com - 09/08/2017, 20:30 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz mulai mengadopsi mesin berteknologi baru Dual VVT-I pada 2013 lalu. Sebelumnya model low multi purpose vehicle (LMPV) 7-penumpang Toyota ini menggunakan mesin VVT-i.

Ini salah satu cara Toyota untuk memenuhi permintaan pasar, dengan terus menghadirkan mobil dengan mesin yang semakin berkualitas. Riset dan pengembangan yang dilakukan oleh Toyota sampai saat ini, berbuah produk yang laris di pasar dalam negeri.

Berbicara soal mesin Avanza dan Veloz baru ini, Iwan Abdurahman, Repair Service Manager Workshop, Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, kalau mesin ini punya beberapa kelebihan, yang bisa bermanfaat bagi konsumen.

“Dual VVT-I dapat mengatur waktu buka-tutupnya katup intake dan exhaust, di mana kalau mesin VVT-i hanya mengatur katup intake saja. Tentunya jika kedua katup diatur, rentang kerja atau derajat bukaan katup menjadi lebih lebar atau variatif,” ujar Iwan, Senin (7/8/2017).

“Kemudian hasilnya, rentang power dan torsi menjadi lebih baik, lalu emisi yang dihasilkan juga semakin rendah. Ditambah lagi dengan keuntungan bensin lebih irit,” ucap Iwan.

Iwan menambahkan, secara spesifikasi dan teknologi, lebih baik mesin saat ini, di mana sudah menggunakan busi iridium, throttle drive by wire, lubang injektor delapan lubang (sebelumnya hanya 4 lubang) dan masih banyak lagi.

Tidak berhenti sampai situ, engine vibration juga semakin minim, sehingga kenyamanan semakin baik di kabin saat berkendara.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com