Advertorial

Finhacks 2017, Salah Satu Wujud BCA Dalam Mendukung Digitalisasi Perbankan

Kompas.com - 12/08/2017, 07:47 WIB

Setiap bank berkompetisi secara sehat dalam memberikan berbagai kemudahan dalam bertransaksi. Hal tersebut merupakan salah satu cara agar bisa bertahan di tengah persaingan dunia perbankan yang kian kompetitif.  

Kebanyakan inovasi yang tercipta tidak lepas dari tren dan teknologi. Nah, sebagai salah satu perusahaan perbankan, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) turut mendukung digitalisasi perbankan demi memudahkan nasabah dalam bertransaksi secara praktis, aman, dan nyaman.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan menggelar Financial Hackathon (Finhacks) 2017 yang akan berlangsung pada 26-27 Agustus 2017 mendatang. BCA berharap, Finhacks 2017 bisa menarik perhatian para para developer maupun praktisi Teknologi Informasi (TI) untuk berlomba atau berkolaborasi dalam menghasilkan inovasi modern di bidang perbankan.

“Tahun lalu, Finhacks 2016 menghasilkan inovasi sistem pembayaran menggunakan e-wallet dan menginspirasi BCA untuk menciptakan inovasi Virtual Assistant Chat Banking BCA (VIRA) yang dapat diakses melalui beberapa aplikasi chat populer, yaitu Facebook Messenger, LINE, dan Kaskus Chat. Kami berharap, Finhacks 2017 mendatang dapat kembali menghasilkan inovasi-inovasi spektakuler mengikuti tren digitalisasi saat ini,” ujar Deputy President Director BCA Armand W. Hartono.

Senior Executive Vice President BCA Hermawan Thendean mengungkapkan Finhacks 2017 kali ini mengusung tema #Codescape yang terinspirasi dari dua hal, yaitu code dan escape. Jadi, apabila diartikan bisa berarti ajang yang digelar untuk melepaskan diri dari kepenatan rutinitas sehari-hari dan berkreasi melalui coding.

Selain itu, #Codescape juga punya makna lain yang diambil dari kata code dan landscape, yaitu coding di BCA Learning Institute, Sentul. Sesuai lokasinya, institusi pendidikan ini berlokasi di daerah yang asri, sejuk, serta jauh dari hiruk-pikuk kota.

“Total hadiah senilai lebih dari Rp 120 juta akan diberikan kepada tiga tim pemenang utama yang berhasil menghadirkan solusi bagi permasalahan financial technology, atau secara spesifik digital banking,” ujar Hermawan.

- -

Berbeda dengan Finhacks sebelumnya, kali ini BCA akan terlebih dahulu menyelenggarakan Mini Finhacks di tiga kota, yaitu Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung. Tujuannya adalah untuk mengajak komunitas developer lokal di luar Jakarta agar mau berpartisipasi dalam ajang kompetisi utama, yaitu Finhacks 2017.

Pada setiap Mini Finhacks, BCA menggelar kompetisi sprint coding. Nantinya, akan dipilih lima tim untuk mendapatkan golden ticket sebagai akses masuk ke babak final Finhacks 2017. Tidak hanya itu saja, kelima tim pemenang akan membawa pulang hadiah uang tunai dengan total nilai Rp 20 juta.

Setiap peserta Finhacks 2017 ditantang untuk membuat inovasi yang merupakan representasi jawaban dari pertanyaan berikut, “Bagaimana teknologi dapat membuat layanan perbankan lebih mudah, aman, dan menyenangkan bagi gaya hidup nasabah sehari-hari?”. Untuk mengikuti Finhacks 2017: #Codescape, Anda bisa mendaftarkan diri melalui situs resmi Finhacks 2017

Caranya, kirimkan ide inovasi yang telah dikemas dalam bentuk penjelasan singkat mengenai gambaran aplikasi digital banking yang ingin dikembangkan. Ide harus didaftarkan di situs paling lambat 14 Agustus 2017, pukul 23.59 WIB.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.finhacks.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com