Kilas daerah

Walikota Semarang Lantik 27 Paskibraka

Kompas.com - 14/08/2017, 16:10 WIB
Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Senin (14/8/2017), mengukuhkan 27 pelajar SMU/SMK sederajat Kota Semarang sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Semarang. Paskibraka itu terdiri 14 perempuan dan 13 lak-laki. Dok Pemkot SemarangWalikota Semarang Hendrar Prihadi, Senin (14/8/2017), mengukuhkan 27 pelajar SMU/SMK sederajat Kota Semarang sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Semarang. Paskibraka itu terdiri 14 perempuan dan 13 lak-laki.

KOMPAS.com - Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengukuhkan 27 pelajar SMU/SMK sederajat Kota Semarang sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Semarang.

Paskibraka itu terdiri 14 perempuan dan 13 lak-laki. Pengukuhan itu resmi dilakukan di Ruang Lokakrida, Kompleks Balaikota Semarang, Senin (14/8/2017) ini. Mereka akan bertugas pada saat upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72 tingkat Kota Semarang pada 17 Agustus 2017.

Upacara pengukuhan itu dihadiri oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Semarang, para Pimpinan Perangkat Daerah Kota Semarang, serta Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Semarang.

Prosesi pengukuhan diawali dengan pembacaan kode kehormatan Paskibraka, yaitu Dharma Mulya Putra Indonesia oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Semarang, Gurun Risyadmoko. Acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Putra Indonesia yang ditirukan anggota Paskibraka, serta pemasangan simbolis sabuk kecakapan dan lencana merah putih oleh Walikota.

Saat memberikan amanat, Hendrar Prihadi mengucapkan selamat kepada Paskibraka atas keberhasilan mereka melampaui proses seleksi, rekruitmen, dan pelatihan selama 21 hari. Dia menambahkan bahwa para mereka adalah orang-orang pilihan dari ratusan ribu yang mendaftar menjadi anggota Paskibra Kota Semarang.

"Atas nama Pemerintah Kota Semarang kami ikut bangga dan senang melihat adik-adik berdiri di sini. Adik-Adik ini adalah orang-orang pilihan maka gunakan batu loncatan ini sebagai modal awal untuk menuju cita-cita dan harapan yang ada di dalam hati adik-adik” ucap Hendi sapaan akrabnya.

Langkah awal ini, lanjut Hendi, apabila dilakukan dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil.

"Tidak ada jalan yang harus kita lalui tanpa keringat yang harus kita keluarkan. Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras dan tidak ada keberhasilan tanpa perjuangan," ujarnya.

Hendi mengatakan, bahwa Kemerdekaan RI adalah peristiwa "keramat" karena mengandung nilai-nilai sejarah di dalamnya. Menurut dia, kemerdekaan bukan sebuah kerja instan yang diberikan penjajah kepada Negara Republik Indonesia.

"Karena itulah, sudah sepantasnya sebagai warga Indonesia kita harus berpikir untuk mengisi pembangunan di dalam kemerdekaan. Kemerdekaan itu buah dari kerja keras para pahlawan, melalui pengorbanan jiwa dan raga mereka sehingga seperti sekarang ini," ucapnya.

Salah seorang anggota Paskibraka, Rashinta Tahnia, mengungkapkan rasa bangganya terpilih sebagai salah satu anggota Paskibraka yang bertugas pada Kamis (17/8/2017) nanti.

"Menjadi Paskibraka itu impian saya sejak SD. Tidak semua pemuda diberi kesempatan menjalankan amanah ini. Maka, saya akan mengerahkan keseluruhan kemampuan saya menjalankan amanah ini supaya maksimal," ujar Rashinta.

Baca tentang
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.