Advertorial

Peringati Hari Kemerdekaan, Pilih Pakai Batik atau Kebaya?

Kompas.com - 16/08/2017, 11:08 WIB

Setiap tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia bersukacita merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Banyak cara untuk memperingatinya, mulai dari upacara, karnaval, sampai lomba. Tidak hanya terselenggara di Istana Negara atau kompleks perumahan, acara-acara semacam ini juga ada di kantor.

Biasanya, acara semacam ini punya dresscode, artinyameminta setiap peserta mengenakan kostum tertentu. Untuk urusan ini, para perempuan umumnya tak mau setengah-setengah. Biasanya perempuan rela mempersiapkan pakaian dan dandanan cantik untuk memperingati hari istimewa, lalu mengabadikannya dalam foto yang kemudian diunggah ke media sosial.

Lantas, pakaian apa yang akan Anda kenakan untuk memperingati hari kemerdekaan ke-72 nanti? Kebaya dan batik kerap jadi pilihan “sejuta umat”. Tak salah memang, sebab keduanya merupakan identitas bangsa Indonesia.

Sedikit menengok sejarahnya, kebaya sendiri telah digunakan para perempuan Indonesia sejak tahun 1827, saat pemerintah kolonial Belanda menetapkan bahwa penduduk harus berpakaian sesuai latar belakang etnisnya. Saat itu, kebaya dikenakan sebagai pakaian sehari-hari, karena nyaman dipakai untuk iklim tropis.

Selanjutnya, sejak tahun 1940-an kebaya juga menjadi penanda identitas Indonesia, sebagai bangsa yang baru saja merdeka. Itu sebabnya, sampai sekarang kebaya pun menjadi ikon fashion dan budaya Indonesia.

Model kebaya pun terus berkembang mengikuti zaman. Sekarang semakin banyak kebaya dengan model praktis dan modis yang cocok dipakai untuk berbagai situasi, mulai dari pesta sampai kerja. Contohnya bisa dilihat di koleksi kebaya wanita online.

Bagaimana dengan batik? Warisan budaya yang satu ini menyimpan sejarah panjang di Indonesia. Bukan sekadar kain bercat dan corak warna-warni, lebih dari itu, batik menggambarkan cerita sejarah sosial, budaya, dan lingkungan.

Batik Indonesia pun diakui sebagai warisan budaya oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 lalu. Sejak saat itu, tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.

Corak batik begitu beragam, masing-masing menampilkan ciri dari daerah asalnya, misalnya batik Pekalongan, Solo, Cirebon, sampai Raja Ampat. Masing-masing punya daya tarik tersendiri yang digemari orang Indonesia maupun negara lainnya.

Saat ini, semakin banyak orang yang bangga mengenakan batik sebagai pakaian untuk berbagai situasi. Tak heran, sebab sama seperti kebaya, saat ini model pakaian batik pun kekinian dan cocok dikenakan oleh berbagai kalangan, baik tua maupun muda.  Tidak percaya? Coba saja lihat aneka koleksi batik wanita online ini.

Nah, berbagai koleksi kebaya dan  batik tersebut bisa Anda beli di Tokopedia. Di situs jual-beli online ini Anda bisa memilih busana yang pas untuk merayakan hari kemerdekaan bersama kerabat atau keluarga. Pilih busana untuk peringati hari kemerdekaan Indonesia, dimulai dari Tokopedia

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com